Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Pertama = Mental Lawan Jatuh

By Editor Eko Widodo - Rabu, 12 Februari 2014 | 22:55 WIB
Ilustrasi Arsenal vs Man. United (AFP)

Siapa yang mampu melesakkan gol lebih dulu di babak I bakal merusak mental si lawan. Fakta ini melekat pada Arsenal dan Manchester United sepanjang Premier League 2013/14.

The Gunners telah lima kali tertinggal di 45 menit pertama musim ini. Pada akhir pertandingan, pasukan Arsene Wenger selalu gagal mengemas tiga poin penuh.

Liverpool menjadi lawan teranyar yang mengendus kelemahan Arsenal, yakni pada pekan ke-25. Gol cepat Martin Skrtel ketika laga baru berjalan semenit segera menghadirkan mimpi buruk. Gawang Wojciech Szczesny menelan empat gol hanya dalam 20 menit.

United sedikit lebih baik dalam mengatasi ketertinggalan. Ya, Iblis Merah memang sempat dilabeli “comeback king” lantaran kerap berhasil membalikkan keadaan setelah lebih dulu kebobolan. Akan tetapi, mental Wayne Rooney cs. tidak setangguh musimmusim sebelumnya.

Sejauh ini, sudah 10 kali gawang David De Gea dibobol lebih dulu oleh rival di babak I. Hanya tiga partai yang berhasil dimenangi United, sementara lima laga lain berujung kekalahan.

Siapa yang berpotensi mendapatkan gol pertama? Bila melihat sejarah bentrokan, United punya kans lebih baik. Dari 62 gol yang dihasilkan melawan Arsenal sejak 1992/93, 27 datang di paruh pertama.

Dalam kurun waktu serupa, Arsenal mengoleksi 42 gol. Hanya 16 yang terjadi di babak pertama.

LIVE Twit di www.bolanews.com dan @bolanewscom

SCTV dan BEIN SPORTS 3
Arsenal vs Man. United

Kamis, 13 Februari, Pukul 02.45 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: cw-8