Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pengamanan Suporter: Bonek Mania Akan Dipulangkan

By Editor Eko Widodo - Senin, 10 Februari 2014 | 16:04 WIB
Suporter Persela, LA Mania, yang kurang akur dengan Bonek. (Arief Bagus/BOLA)

Hubungan yang kurang akur antara suporter Persela, LA Mania, dan suporter Persebaya, Bonek Mania, sudah menghiasi pentas sepak bola nasional beberapa tahun terakhir. Jika ada Bonek Mania yang kedapatan berada di Lamongan, panpel menerapkan larangan menonton pertandingan di stadion. Panpel dan aparat keamanan akan membawa mereka ke tempat aman yang sudah disiapkan dan selanjutnya memulangkan mereka.

“Kami harus saling meng­hargai demi kepentingan bersa­ma. Bonek tidak usah ke La­mongan dan sebaliknya kami tidak akan ke Surabaya,” kata Ke­tua LA Mania, Saptoyo Nugroho.

Imbauan ini disambut positif oleh suporter Bonek. “Kami sudah minta semua Korwil agar melarang anggotanya berangkat ke Lamongan. Hal ini semua demi keamanan,” kata H. Imron, salah satu dedengkot Yayasan Suporter Surabaya.

Panpel Persela juga mengantisipasi pelanggaran yang kemungkinan dilakukan suporter, seperti menyalakan kembang api, flare, dan bom asap di dalam stadion.

Panpel berniat melakukan pemeriksaan kepada setiap pe­nonton sebelum masuk stadion. “Regulasi dari PT LI sangat jelas mengatur larangan membawa dan menyalakan benda-benda itu. Jika kami kecolongan, bisa didenda dan berimbas pada tim yang tak diperbolehkan bermain di kandang sendiri,” kata Sujito.

SIARAN LANGSUNG
K-Vision
Persela vs Persebaya

Senin, 10 Februari; Pukul: 19.00 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Sahlul Fahmi, Gatot Susetyo, Fahrizal Arnas