Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal: Piala Dunia Dulu, Baru Pikirkan Klub

By Ade Jayadireja - Senin, 24 Februari 2014 | 16:18 WIB
Louis Van Gaal (Getty Images)

Louis Van Gaal memprediksi Tottenham Hotspur akan kembali membujuk dirinya untuk menjadi pelatih. Namun, ia tak ingin memikirkan hal itu dulu. Fokus utamanya saat ini adalah membawa tim nasional Belanda juara di Piala Dunia Brasil 2014.

Van Gaal sempat didekati Spurs pasca-pemecatan Andre Villas-Boas dari kursi pelatih pada 16 Desember 2013. Namun, mantan bos Barcelona itu terpaksa menolak karena dirinya masih terikat kontrak dengan tim nasional Belanda.

"Mungkin Tottenham akan datang lagi. Akan tetapi, pertama-tama kami harus pergi ke Brasil," tutur Van Gaal kepada Guardian.

"Saya lebih memilih untuk fokus pada Piala Dunia dan sekarang ada pelatih lain di Spurs (Tim Sherwood). Sebagai pelatih, Anda tidak bisa mengatakan 'saya pergi ke klub ini atau klub itu'. Semua tergantung pada situasi," imbuhnya.

Van Gaal akan meletakkan jabatan sebagai juru latih Oranje seusai Piala Dunia 2014. Setelah turnamen antarnegara terakbar itu, ia tak menutupi keinginannya untuk melanjutkan karier di Inggris.

"Saya paling tertarik melatih di Inggris karena telah menukangi klub-klub Spanyol, Jerman, dan Belanda. Jadi, saya pikir Inggris adalah tujuan berikut dalam karier saya," tutur pria asal Belanda tersebut.