Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Izin Pertandingan Persib Lawan Persija Belum Ada

By Editor Eko Widodo - Kamis, 20 Februari 2014 | 17:43 WIB
Supardi (kanan) bek Persib, belum tentu bisa berlaga lawan Persija di Bandung. (Fernando Randy)

Perizinan pertandingan menjadi hal penting sebelum sebuah event digelar, termasuk olah raga. Laga besar yang selalu menguras konsentrasi aparat keamanan, Persib Bandung versus Persija Jakarta, Sabtu (22/2) tengah digodok oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat.

Seperti dirilis di web resmi Persib Bandung, www.persib.co.id, Kamis (20/2) siang bahwa Polda Jabar tak mengeluarkan izin rekomendasi pertandingan itu. Menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Martinus Sitompul, pihaknya belum bisa memberikan izin karena pertandingan itu berpotensi terjadi kericuhan.

"Kita tidak memberikan izin untuk pertandingan digelar di wilayah Jawa Barat. Ada empat alasan yang menjadi pertimbangan kami," kata Martinus di Mapolda Jabar, Kamis (20/2).

Keempat hal yang dimaksud Martinus adalah pertama, belum harmonisnya antar kedua suporter sampai saat ini. Kedua, adanya bentrokan suporter Persija dengan suporter Pelita Bandung Raya (PBR) beberapa waktu lalu dan pertandingan berlangsung saat libur akhir pekan.

Ketiga, sempat terjadi perusakan kendaraan Jakarta. Keempat, masih adanya dendam suporter, saat pemain bus Persib mendapat pengrusakan di Jakarta musim lalu.

Menurut Budi Bram Rachman, koordinator umum pertandingan laga kandang Persib, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan manajemen Persib dan pihak Liga Indonesia.