Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Dunia Anak Jalanan: Kejar Mimpi ke Brasil

By Eko Widodo - Senin, 3 Februari 2014 | 14:33 WIB
Calon peserta SCWC ke Brasil. (Kukuh Wahyudi)

16 tahun akan mendapatkan kesempatan untuk meramaikan ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Mereka akan berlaga dalam turnamen Street Child World Cup (SCWC) pada 27 Maret di Rio de Jainero, Brasil.

Proses seleksi digelar di Medan, Makassar, Surabaya, Palembang, Bandung, Yogya­karta, dan Jakarta sebagai kota terakhir yang menggelar seleksi di Lapangan Pertamina, Simprug, Sabtu (1/2).

Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN) sebagai penanggung jawab kegiatan menggandeng Brazilian Soccer School, Jakarta Football Academy, dan Pertamina Soccer School (PSS) sebagai juri.

“Penilaian seleksi meliputi teknik sepak bola. Setelah itu ada tes fisik. Seleksi diakhiri dengan gim 7 vs 7 untuk meng­adopsi peraturan di SCWC,” ujar Ade M. Lubis, koordinator tim seleksi dari PSS.

Sebanyak 30 anak yang lolos (18 putra dan 12 putri) akan diumumkan 4 Februari dan akan menjalani karantina di PSAU Halim, Jakarta, 16 Februari-25 Maret. Jumlah itu akan dikerucutkan menjadi 20 anak yang dibagi tim putra dan putri untuk terbang ke Brasil dengan nama Garuda Baru.

Selanjutnya, tiga puluh pemain terpilih itu akan kembali menjalani karantina selama satu tahun untuk men­dapatkan pelatihan sepak bola dan berbagai keterampilan lain, seperti ilmu usaha dan bidang seni. (cw-3)

Sumber: Harian BOLA; Penulis: cw-3