Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bursa Pemain: Rencana Jual Lowry-De Rozan Ditunda

By Eko Widodo - Senin, 3 Februari 2014 | 12:49 WIB
Dari kiri Kyle Lowry, Rudy Gay, dan DeMar DeRozan. Baru Gay yang dijual. (Getty Images)

Sebenarnya, Toronto Raptors tak mematok target tinggi di musim 2013/14. Dua manajer baru, Masai Ujiri dan Jeff Weltman, hanya ingin mengevaluasi pemain muda, head coach Dwane Casey, dan posisioning Raptors di masa depan untuk mendapat draft pilihan tertinggi.

Sebab tak terlalu mengincar play-off, Raptors mencoba mengosongkan roster dengan menjual trio Rudy Gay, Kyle Lowry, dan DeMar DeRozan. Gaji Gay US$ 17,8 juta; DeRozan US$ 9,5 juta; Lowry US$ 6,2 juta.

Penjualan Gay sukses. Ia berhasil dipindahkan ke Sacramento Kings. Untuk Lowry dan DeRozan, kabarnya Houston Rockets mau. Namun, ternyata setelah Gay pergi, Raptors malah memetik kemenangan demi kemenangan. Raptors malah sekarang bercokol di papan atas dengan menempati peringkat keempat.

Lowry akan menjadi free agent usai musim ini. Jika dipertahankan, Raptors harus membayarnya tak kurang US$ 9 juta. Melepasnya? Itu sama saja dengan berantem melawan para fans Raptors yang mulai mengidolai Lowry dan memenuhi stadion.

"Sekarang Lowry tidak akan dijual. Namun ketika mereka menelan kekalahan demi kekalahan, Lowry akan dijual. Saya yakin itu," ucap seorang GM klub NBA kepada ESPN, yang namanya disimpan.

"Lowry sudah menunjukkan dirinya masuk NBA All-Star 2014. Itu bukan achievement sembarangan. Masai Ujiri, menurut saya, tak akan gegabah menjual Lowry di bursa pemain. Ia akan menjaganya sampai nasib Raptors transparan," ucap GM lain, yang juga disimpan namanya oleh ESPN.

Nama DeRozan juga setali tiga uang. DeRozan akan dilepas jika ada tawaran yang sangat menarik. Namun, menilik kontribusi DeRozan saat ini, beberapa GM itu yakin bahwa ia akan dipertahankan oleh Raptors.