Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pra-PON Jateng vs U-19: Hindari Tekanan Psikologis

By Editor Eko Widodo - Senin, 10 Februari 2014 | 18:31 WIB
Maldini Pali, harus tampil rileks. (Gonang Susatyo)

19 pada uji coba terakhir dalam Tur Nusantara melawan tim Pra-PON DIY. Pada laga yang digelar Jumat (7/2), pemain yang baru pertama kali dimainkan sejak Piala AFF U-19 tahun lalu sempat mengalami tekanan psikologis saat menjalankan peran sebagai pilar inti.

Kondisi itu mengakibatkan timnas U-19 tak maksimal dalam penguasaan bola yang menjadi target dalam uji coba itu. Bahkan, mereka sempat tertinggal sampai dua gol meski akhirnya mampu menyamakan skor dan membalikkan keadaan. Timnas U-19 mengakhiri laga dengan keunggulan 3-2.

Namun, pelatih Indra Sjafri menegaskan mental pemain yang jarang dimainkan sudah pulih. Mereka membuktikan dengan bermain lebih baik di babak II. Karena itu, Indra menilai pemain sudah tidak demam panggung lagi. Mereka juga bisa menikmati pertandingan.

“Teknik, taktik, dan spirit bisa hilang saat pemain mendapat tekanan psikologis. Tertinggal dua gol juga merupakan bentuk dari tekanan psikis yang dialami pemain. Ini soal mental. Namun, di babak II pemain tak lagi demam panggung. Mereka sudah menik­mati pertandingan,” kata Indra.

Menurutnya ini hal yang biasa karena selama tiga bulan mereka tak pernah menghadapi tim lain. Pemain lebih sering bermain di gim internal saat menjalani pelatnas di Batu, Malang, yang kemudian berlanjut di Yogyakarta.

LIVE TWITT DI www.bolanews.com dan twitter: @bolanewscom

SCTV
Indonesia U-19 vs PON Jateng

Senin, 10 Februari
Pukul: 20.30 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia, Gonang Susatyo