Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19 Fokus ke Penguasaan Bola

By Eko Widodo - Senin, 3 Februari 2014 | 15:30 WIB
Hansamu Yama Pranata, bek timnas U-19. (Erly Bahtiar/BOLA)

19 dibuka dengan partai uji coba melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (3/2). Apa saja yang dibidik Garuda Muda dalam uji coba ini?

Pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, berulang kali menegaskan tidak mengutamakan hasil menang atau kalah dalam Tur Nusantara.  Ia ingin Maldini Pali dkk. bisa menjalankan instruksi serta mengimplementasikan apa yang sudah diperoleh dalam pemusatan latihan. Saat ini, pelatnas di Yogyakarta memasuki tahap taktikal dengan diselingi laga latih-tanding.

Indra juga memberikan target khusus di setiap laga di Tur Nusantara. Pada uji coba perdana melawan PSS, Indra lebih menekankan pada penguasaan bola (ball possession) kepada Zulfiandi cs.

“Dalam sepak bola penting sekali penguasaan bola. Karena itu, penekanan saya pada uji coba ini terletak pada penguasaan bola. Bila target itu tercapai, saya sudah merasa senang. Jadi, saya tak bicara berapa gol yang akan dicetak,” ujar Indra.

Selain penguasaan bola, Indra juga ingin menggunakan laga kontra PSS untuk mematang­kan permainan, yakni membangun serangan dengan rapi dari belakang ke depan.

“Kami akan tetap bermain konstruktif, bukan selalu mengalirkan atau membuang bola ke depan setelah mendapatkan bola. Meski dalam posisi tertekan sekalipun, kami tidak akan mengubah gaya permainan itu,” ujar Indra.

Bek Garuda Muda, Hansamu Yama Pranata, mema­hami ins­truksi sang pelatih. “Se­ba­gai pemain belakang, saya dituntut tidak hanya bertugas untuk bertahan, tetapi juga harus berkontribusi dalam mem­bangun serangan,” ucapnya.

Formasi Timnas U-19 (4-3-3)
Ravi Murdianto; Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama, M. Syahrul Kurniawan, M. Fatchu Rahman; M. Hargianto, Zulfiandi, Evan Dimas; Maldini Pali, Muchlis Hadi, Ilham Udin.
Cadangan
Kiper
Awan Setho Raharjo, M. Diky Indrayana
Belakang
Febly Gushendra, Ryuji Utomo Wibowo, Mahdi Fahri Albaar, Bagas Adi Nugroho, Eriyanto
Tengah
Ikhsan Kurniawan, Hendra Sandi Gunawan, Paulo Oktavianus Sitanggang, Alqomar Tehupelasury, Irfandy Zein Alzubeidy
Depan
M. Dimas Drajad, Yabes Roni Malaifani, Miftahul Hamdi, M. Reza Fahlevi Sitorus, Septian David Maulana, Dinan Yahdian Javier
Pelatih: Indra Sjafri

Siaran Langsung
SCTV
Timnas U-19 vs PSS Sleman
Senin, 3 Februari; Pukul 21.00 WIB

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Gonang Susatyo