Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sejarah Jepang ke Perempat Final

By Eko Widodo - Senin, 3 Februari 2014 | 17:55 WIB
Tim Piala Davis Jepang ke Perempat Final. (Takeo Tanuma)

1 di Tokyo. Sete­lah kehilangan Milos Raonic yang cedera kaki, Kanada makin terpuruk setelah Frank Dance­vic mengalami kram perut ketika menghadapi Kei Nishi­kori di partai keempat, Minggu (2/2).

Dancevic pun tak mampu melan­jutkan pertandingan pada kedudukan 2-6, 0-1 dan memas­­tikan kemenangan tuan rumah 3-1.

“Perempat final adalah tar­get kami setelah kembali ke Grup Dunia dan langsung bisa melakukannya di tahun pertama sungguh berharga,” tutur Nishi­kori, yang menyumbang tiga angka dari tunggal dan ganda.

Jepang terakhir berada di Grup Dunia pada 2012 dan kalah di babak I melawan Kroasia. Mereka gagal mempertahankan tempat di kelompok elite itu sete­lah dikalahkan Israel di babak play-off sehingga kembali ke Grup I Asia/Oseania.

Australia juga baru kembali ke Grup Dunia. Namun, mereka kurang beruntung karena harus meng­hadapi tim setangguh Prancis. Tes doping yang dilaku­kan di sela-sela partai ini bahkan membuat Hewitt murka.

“Harus menunggu selama tiga jam setelah pertandingan dan membuat kami para pemain terus menunggu sungguh menge­­­salkan. Saya tak pernah meng­­alami hal seperti ini dalam hidup saya,” kata mantan pemain nomor satu dunia itu.

Australia akan menunggu lawan untuk play-off, 12-14 Sep­tember. Jika menang, Australia tetap di Grup Dunia, tapi andai kalah kem­­bali ke Grup I Asia/Oseania.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Rahayu Widiyarti