Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ancelotti Samakan Aragones dengan Sacchi

By Verdi Hendrawan - Minggu, 2 Februari 2014 | 06:00 WIB
Jose Luis Aragones Suarez (Sergei Supinsky/Getty Images)

Meninggalnya Luis Aragones pada Sabtu pagi (1/2), telah membuat banyak pemain dan pelatih mengungkapkan tanggapannya mengenai mantan pelatih timnas Spanyol itu, termasuk Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia itu menyamakan Aragones dengan Arrigo Sacchi.

Perjalanan karier Aragones, baik sebagai pemain dan pelatih telah mendapatkan pengakuan luas di dunia sepak bola, terutama di Spanyol. Banyak hasil pemikiran pelatih yang wafat di usia 75 tahun itu, yang saat ini menjadi dasar kesuksesan La Roja di Eropa dan dunia.

Ancelotti pun mengakui kemampuan besar Aragones dan menyamakan legenda Atletico Madrid itu dengan apa yang telah berhasil dilakukan oleh Sacchi dalam menciptakan gaya bermain yang baru dan khas.

"Ia (Aragones) telah menciptakan model baru bagi dunia sepak bola, sama seperti apa yang dilakukan oleh Sacchi di AC Milan dan Ajax di era 70-an. Ia telah menyubangkan sesuatu yang baru bagi sepak bola dan ia telah berkomitmen besar mengenai hal itu," tutur Ancelotti di sutus resmi Real Madrid.