Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-19: Skor Ujicoba Tak Terlalu Diperhatikan

By Eko Widodo - Sabtu, 1 Februari 2014 | 21:56 WIB
Timnas U-19 akan menguji semua hasil di lapangan. (Getty Images)

19 mengasah kemampuan dengan melakukan uji coba yang diberi nama Tur Nusantara.

Tur Nusantara yang dijalani tim Garuda Jaya akan diawali dengan fase pertama pada 3 Februari, ketika mereka menghadapi tim dari DI Yogyakarta dan sekitarnya. Selanjutnya, tim asuhan Indra Sjafri ini menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Setelah selesai menjalani fase pertama di sepanjang Februari, mereka akan kembali ke Yogyakarta pada 1 Maret. Setelah itu Evan Dimas Darmono cs. akan melakoni fase kedua mulai 9 Maret. Mereka menghadapi tim-tim U-21 Liga Super Indonesia, Persiba Balikpapan, Persisam Putra Samarinda, dan Mitra Kukar.

Fase kedua, yang akan dijalani di Kalimantan Timur, bisa dibilang akan menjadi ujian berat buat timnas karena mereka akan menghadapi tim yang berkompetisi di LSI. Evan dkk. akan menantang Persiba, Putra Samarinda, dan Mitra Kukar.

“Dalam uji coba pemain diharapkan bisa menerapkan strategi yang diperoleh saat latihan. Kami akan menerapkan strategi berbeda di setiap pertandingan,” ujar Indra.

Tim pelatih tak akan mempersoalkan hasil akhir dari uji coba tersebut. Indra juga tak memikirkan kekuatan lawan.

“Bukan kalah menang yang utama, tapi bagaimana pemain menjalankan instruksi. Saya tak memikirkan kekuatan lawan karena ini bukan laga yang sesungguhnya. Berbeda kalau kami menghadapi lawan yang sesungguhnya di Piala AFC,” kata Indra, yang berharap lawan tak bermain kasar mengingat Evan cs. adalah aset bangsa yang disiapkan untuk tampil di Piala Asia U-19, Oktober.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Gonang Susatyo