Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Satu Gol Greg Menangkan Persebaya Atas Pusam

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 5 Februari 2014 | 17:59 WIB
Persebaya Surabaya (Fahrizal Arnas/Bolanews)

0.

Turun dengan sederet pemain bintang, Persebaya langsung tampil menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan. Mereka mendominasi pertandingan, sedangkan Pusam menunggu celah untuk melakukan serangan balik. 

Hasilnya, pada menit ke-15, Persebaya mandapatkan hadiah penalti setelah Ilija Spasojevic melakukan handsball di kotak terlarang. Emmanuel Kenmoge tampil sebagai eksekutor.

Namun, Kenmoge tak mampu menjalankan tugas dengan baik. Tendangannya masih bisa dibaca oleh kiper Pusam, Rivki. Persebaya gagal membuka keunggulan.

Kegagalan mencetak angka membuat skuat asuhan Rahmad Darmawan lebih bernapsu untuk memburu gol. Dengan mengandalkan Greg Nwokolo dan Kenmoge, tim tuan rumah terus menggempur pertahanan Pusam.

Rapatnya lini pertahanan Persebaya membuat Persib kesulitan mencetak gol. Alhasil, tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai.

Guna menambah daya gedor, Persebaya memasukkan Fandi Eko Utomo di babak kedua. Persebaya kembali mendominasi jalannya pertandingan.

Pada menit ke-62, tendangan bebas Alfin Tuasalamony nyaris merobek jala Pusam. Namun, Rivki tampil gemilang untuk mementahkannya. Bola liar disambar Greg, tapi arahnya kembali meleset.

Serangan dari sisi sayap menjadi andalan Bajul Ijo. Namun, umpan silang yang dilepaskan masih belum maksimal. 

Setelah berkali-kali membongkar pertahanan Pusam, akhirnya gol yang dinantikan Persebaya terjadi pada menit ke-81. Bola liar di depan gawang berhasil disambar oleh Greg. Keunggulan 1-0 untuk Persebaya.

Setelah itu, permainan terbuka kedua tim gagal berbuah gol. Skor 1-0 untuk Persebaya bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.