Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gerrard Tak Sanggup Beradaptasi Baik di Pertahanan

By Eko Widodo - Selasa, 28 Januari 2014 | 20:30 WIB
Steven Gerrard lebih mantap sebagai gelandang. (Getty Images)

lying playmaker.

Namun, hasilnya sangat buruk karena Stevie G tak bisa mem­berikan dampak yang diingin­kan. Liverpool juga tampil jelek dan tertinggal 1-2 di babak pertama. Problem yang mencolok adalah Jordan Henderson dan Gerrard tak sanggup beradaptasi secara baik ketika tampil sebagai pelindung lini pertahanan.

Kondisi permainan berubah drastis kala Gerrard diberikan peran lebih tinggi di lapangan dan pos gelandang bertahan diberikan kepada Lucas dan belakangan Joe Allen. “Pertandingan itu bukanlah 45 menit terbaik yang pernah saya lalui,” kata Gerrard saat itu.

Masalahnya adalah Lucas mengalami cedera lutut, sementara Allen menderita problem pada hamstring kirinya.

“Joe bisa bermain, tapi seberapa besar risiko yang ia bawa? Dia bisa bermain pada Selasa, tapi membuat masalahnya bertambah besar dan absen selama 3-4 pekan. Pilihan lain adalah ia absen pada Selasa, tapi akan baik-baik saja untuk mentas pada beberapa pekan ke depan,” kata Rodgers.

Rodgers bisa kembali menduetkan Gerrard dan Henderson. Hanya, kombinasi ini sangat tak konsisten memberi­kan hasil.

Pada Oktober-November Rodgers empat kali menduetkan Gerrard-Hendo. Kemenangan didapatkan atas Crystal Palace dan West Brom. Akan tetapi, tim juga kalah dari Arsenal dan ditahan Newcastle 2-2 plus saat melawan Villa.

Keterbatasan lini tengah ini bisa saja menghadirkan petaka buat Liverpool. Karena itu, Luis Suarez dan Daniel Sturridge akan sangat diandalkan untuk membuat perbedaan.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Anggun Pratama