Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hadapi Final, Tangan Nadal Masih Bermasalah

By Tulus Muliawan - Minggu, 26 Januari 2014 | 14:42 WIB
Rafael Nadal (Getty Images)

14 awal tahun ini. Syaratnya, ia harus memenangi final Australia Terbuka 2014 yang sudah di depan mata, Minggu (26/1).

Meski dari segi peringkat dan rekor pertemuan Nadal unggul jauh dari lawannya difinal Stanislas Wawrinka, namun Nadal dipusingkan dengan cedera ringang di tangan kirinya. Telapak tangan Nadal lecet parah sehingga harus dililit perban beberapa lapis.

Cedera itu cukup mengganggu Nadal dalam memegang raket. Ia tidak mampu menggenggam raket dengan sempurna karena rasa sakit di telapak tangannya tersebut. Sehingga penampilannya di lapangan diprediksi tidak akan fit 100 persen.

"Dengan tangan yang diperban seperti ini, saya beberapa kali kehilangan kendali raket saya saat melakukan servis. Ini menjadi masalah serius buat saya," tutur Nadal, di situs ATP.

"Saya tidak bisa melakukan servis dengan sempurna dan beberapa kali gagal memanfaatkan momen (untuk mendapatkan poin)," ujar petenis berusia 27 tahun tersebut.

Masalah di tangan Nadal memang terbukti cukup mengganggunya. Ia harus mengganti perban berulangkali saat bertemu Roger Federer di semifinal. Meski akhirnya berhasil menutup laga dengan kemenangan sempurna, Nadal tetap tidak bisa menunjukkan permainan terbaiknya.