Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tes Jerez Hari 2: Jenson Button Tercepat

By Oka Akhsan M. - Rabu, 29 Januari 2014 | 23:47 WIB
Jenson Button, membawa McLaren MP4-29 lakoni debut sempurna. (Mark Thompson/Getty Images)

29 yang digeber Jenson Button langsung menjadi yang tercepat meski gagal debut pada hari pertama.

Button tampil mengesankan sejak awal sesi tes ban basah itu. Tes basah yang seharusnya digelar Jumat (31/1) dimajukan karena trek sudah kepalang basah akibat hujan pada malam hari. Ketika aspal mengering pada siang hari, pebalap kembali menggunakan ban slick.

Button bergantian dengan Sergio Perez (Force India) dalam mengukir catatan waktu tercepat. Ia memimpin saat Perez harus berhenti karena mobilnya mengeluarkan asap. Bendera merah keluar menunggu mobil Perez ditarik ke garasi.

Perez menjadi pebalap kedua yang mengalami insiden setelah Esteban Gutierrez. Pebalap Sauber itu kehilangan kendali saat melibas tikungan dan melintir ke gravel meski tak sampai mencium pembatas sirkuit.

Setelah bendera hijau berkibar, Nico Rosberg (Mercedes), Kimi Raikkonen (Ferrari), dan Valtteri Bottas (Williams) berhasil melewati catatan waktu Button. Namun, Button berhasil meraih catatan waktu terbaik sepanjang hari, 1 menit 24,165 detik, di pengujung sesi tes.

Raikkonen berada di posisi kedua, disusul Bottas di urutan ketiga. Keduanya tertinggal 0,647 dan 1,179 detik dari Button.

Selain Button, Rosberg juga mampu mencuri perhatian. Meski hanya mengakhiri tes di posisi keempat, ia menjadi satu-satunya pebalap yang mampu melahap 97 lap.

Jika mobil bermesin Mercedes tampil hebat, performa sebaliknya ditunjukkan tim yang memakai mesin mesin Renault, yaitu Red Bull, Caterham, dan Toro Rosso. Ketiga tim tersebut bermasalah dengan ERS.

Marcus Ericsson (Caterham) melahap lap terbanyak dengan 11, namun lebih lambat hampir 14 detik dari Button. Sebastian Vettel (Red Bull) cuma tahan delapan lap, sedangkan Toro Rosso gagal menjajal aspal Jerez.

Sementara itu, Marussia yang melewati dua tes awal berpeluang ambil bagian pada hari ketiga, Kamis (30/1), setelah mobil mereka, MR03, tiba di Jerez pada Rabu sore.