Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tes Jerez Hari 1: Kimi Raikkonen Tercepat

By Oka Akhsan M. - Selasa, 28 Januari 2014 | 22:57 WIB
Kimi Raikkonen, bangkitkan asa Ferrari. (AFP)

Formula 1 2014 secara resmi dibuka pada tes empat hari di Jerez, Spanyol. Lewis Hamilton (Mercedes) sempat menjadi yang tercepat di pagi hingga siang, sebelum secara umum tempat itu diambil alih oleh muka baru tapi lama di Ferrari, Kimi Raikkonen.

Hamilton sendiri bertahan di posisi dua pada tes yang berlangsung selama enam jam tersebut. Cuaca bagus tidak dibarengi oleh bagusnya performa mobil dalam hal daya tahan. Memang, biasanya pada tes hari pertama semua tim menguji sampai di mana mobil mereka bertahan di kondisi tertentu.

Semua tim secara resmi ikut tes, kecuali Lotus. Memang, ada yang hanya melakukan installation lap (lap pengecekan kondisi mobil) walau itu dilakukan berkali-kali tanpa membuat catatan waktu. Ada pula yang hanya datang ke sirkuit tapi sama sekali tidak menjajal aspal Jerez.

Tim jawara Red Bull lebih banyak melakukan pengecekan mobil di garasi mereka, di mana juara dunia Sebastian Vettel hanya memutari Jerez untuk menjajal kendaraan perang barunya, RB10. Sasis itu baru diluncurkan pagi hari sebelum tes, bersamaan dengan sasis W05 Mercedes.

Mercedes langsung tancap gas dan terlihat menjadi tim yang paling siap bertarung di 2014. Di bawah kendali Hamilton, mobil perak ini beberapa kali menjadi yang tercepat sebelum pebalap Inggris juara dunia 2008 itu mengalami tabrakan dan langsung menghentikan sesinya. "Secara umum, saya puas dengan kondisi mobil kami dan yakin bisa kompetitif di 2014," ucap Hamilton dalam rilis resmi tim Mercedes, tak lama setelah kecelakaan itu.

Raikkonen dan Ferrari lantas mengambil alih peran Hamilton sebagai pebalap tercepat. Yang mengesankan, pebalap Finlandia itu beberapa kali membuat catatan bagus, bukan hanya 1-2 lap cepat. Jelas, Ferrari amat senang dengan usaha pebalap yang pada 2007 jadi juara dunia bersama mereka.

Beberapa mobil terkendala masalah teknis, tak terkecuali kendaraan tercepat hari itu, Ferrari F14 T. Namun di hari pertama dengan regulasi serba-baru jelas kondisi ini lazim terjadi dan sudah diprediksi.

Tes empat hari ini akan berlanjut hingga hari Jumat (31/1).

Hasil tes pramusim hari pertama, Jerez (28/1):
1. Kimi Raikkonen (Ferrari) 1:27.104 (31 lap)
2. Lewis Hamilton (Mercedes) 1:27.820 (18 lap)
3. Valtteri Bottas (Williams) 1:30.082 (7 lap)
4. Sergio Perez (Force India) 1:33.161 (11 lap)
5. Jean-Eric Vergne (Toro Rosso) 1:36.530 (15 lap)
6. Esteban Gutierrez (Sauber) 1:42.257 (7 lap)
7. Sebastian Vettel (Red Bull) tak mencatatkan waktu (3 lap)
8. Marcus Ericsson (Caterham) tak mencatatkan waktu (1 lap)