Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal di Malaysia, PBSI Segera Lakukan Evaluasi

By Tulus Muliawan - Rabu, 22 Januari 2014 | 08:40 WIB
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, gagal mempertahankan gelar juara. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images)

Putih gagal membawa satu pun gelar, termasuk mempertahankan gelar juara di ganda putra yang musim lalu diraih Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Hendra/Ahsan gagal mempertahankan gelar setelah terhenti di babak kedua dari Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin (Taiwan), 10-21, 21-19, 13-21. Ini adalah kekalahan pertama Hendra/Ahsan dari pasangan ranking sembilan dunia tersebut dalam lima kali pertemuan.

Kemenangan Lee/Tsai itu terasa spesial karena sebelumnya di babak pertama mereka juga mengalahkan pasangan asal Indonesia lainnya, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, 17-21, 21-17, 23-21.

“Penampilan ganda putra Hendra/Ahsan jauh dari harapan. Tidak seharusnya kalah dari pasangan Taiwan. Ini akan dievaulasi segera, karena Hendra/Ahsan akan tampil di All England 2014,” kata Ricky Soebagdja, Kasubid Pelatnas PBSI, di situs resmi PBSI.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang juga jadi andalan untuk membawa pulang gelar, belum mampu memenuhi targetnya. Pasangan Juara Dunia 2013 ini dikalahkan musuh bebuyutan asal Cina, Xu Chen/Ma Jin, 14-21, 13-21.

“Tontowi/Liliyana juga tak tampil pada performa terbaik mereka. Kami juga akan mengevaluasi apa penyebabnya. Sama seperti Hendra/Ahsan, All England 2014 adalah target buat Tontowi/Liliyana selanjutnya,” tutur Ricky.