Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fabregas, Raja Assist Eropa

By Andrew Sihombing - Rabu, 8 Januari 2014 | 18:25 WIB
Gelandang Barcelona, Cesc Fabregas, berusaha mengecoh pemain Elche, Cristian Sapunaru, dalam duel La Liga pada 5 Januari 2014. ( David Ramos/Getty Images)

rekannya.

Data statistik menjadi patokan paling sederhana untuk menggambarkan kontribusi mantan kapten Arsenal tersebut bagi Tim Catalan. Setelah mencicipi 26 pertandingan sepanjang musim ini, Fabregas tercatat sudah melesakkan sembilan gol.

Untuk urusan assist, Fabregas lebih hebat lagi. Ayah satu anak hasil buah cinta dengan Daniella Semaan tersebut telah menorehkan 13 assistdengan 11 di antaranya tercipta di La Liga.

Jumlah assist tersebut lebih baik dibanding rekan seklub, Neymar, dan bintang muda milik Atletico, Koke, yang sama-sama melepas delapan umpan penghasil gol.Torehan tersebut sekaligus menjadikan Fabregas layak dijuluki Raja Assist Eropa, setidaknya bila dibandingkan dengan catatan pesepak bola di lima kompetisi utama Eropa hingga akhir pekan.

Di Premier League, Wayne Rooney memuncaki daftar dengan sembilan assist bagi Manchester United, diikuti Mesut Oezil (Arsenal/7 assist), Aaron Ramsey (Arsenal/6), Jesus Navas (Man. City/ 6), Steven Gerrard (Liverpool/6). Sementara itu, Franck Ribery memimpin di Bundesliga dengan tujuh assist bagi Bayern Muenchen, Alessio Cerci (Torino) berada di posisi teratas Serie A Italia dengan tujuh assist, dan James Rodriguez (Monaco) merupakan yang terbaik di Liga Prancis, juga dengan tujuh assist.