Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Beberapa Keputusan Wasit Bikin David Moyes Kecewa

By Eko Widodo - Rabu, 8 Januari 2014 | 10:30 WIB
David Moyes (Getty Images)

Manajer Manchester United, David Moyes, tak puas dengan kinerja wasit Andre Marriner yang memimpin partai leg 1 semifinal Piala Capital One melawan Sunderland, Rabu (8/1) dini hari WIB. Ia menganggap sang pengadil lapangan telah membuat beberapa keputusan yang salah.

Salah satu hal yang dikeluhkan Moyes adalah keputusan wasit memberikan tendangan bebas kepada Sunderland di pengujung babak pertama. Free kick tersebut menjadi awal terciptanya gol pembuka The Black Cats.

Moyes juga menyoroti kejadian pada menit ke-63. Saat itu Sunderland diberi hadiah penalti setelah Tom Cleverley menjatuhkan Adam Johnson di kotak terlarang.

"Dia (wasit) memberikan tendangan bebas saat gol pertama dan saya tidak mempercayainya. Kami terlihat sangat mungkin mencetak gol, tapi saya tak mengerti dengan cara wasit memberikan pelanggaran terhadap Jonny Evans dan Steven Fletcher," tutur Moyes di laman resmi Setan Merah.

"Hakim garis memberikan penalti, tapi dia tidak bisa melihat melalui Patrice Evra. Wasit melihat secara langsung dan langsung datang ketika Adam Johnson terjatuh. Hakim garis tidak melihat itu, tapi dia memberikan keputusan," imbuhnya.

United akhirnya harus mengakui keunggulan Sunderland dengan skor 1-2. Meski menerima hasil buruk, Moyes tetap optimistis menatap leg 2 yang akan berlangsung 22 Januari mendatang di Old Trafford.

"Saya hanya merasakan bahwa kami berada di ambang perputaran. Kami akan sedikit lebih baik," tutur eks arsitek Everton tersebut.