Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jadwal ISL 2014 Memberatkan Persebaya

By Tulus Muliawan - Senin, 20 Januari 2014 | 10:00 WIB
Greg Nwokolo cs., jalani laga berat di ISL 2014. (Fahrizal Arnas/Bolanews)

Jadwal kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2014 dinilai merugikan Persebaya. PT Liga Indonesia (PT LI) merilis jadwal LSI 2014, Jumat (17/1) lalu. Melihat susunan jadwal tersebut manajemen Persebaya terbelah dalam menyikapinya.

Berdasarkan jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia, Persebaya bakal melakoni laga pembuka LSI 2014 menghadapi Mitra Kukar di Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (1/2). Secara keseluruhan, pada putaran pertama Bajul Ijo hanya kebagian lima laga kandang.

"Jadwal kurang menguntungkan bagi kami. Baik dari faktor teknik maupun dari sisi bisnis," keluh Diar Kusuma Putra, Presiden Klub Persebaya.

Di putaran pertama ada empat laga kandang yang digelar pada akhir pekan, sementara pada putaran kedua Persebaya memang akan lebih banyak bermain di Gelora Bung Tomo.

Namun, Diar mengaku kecewa karena enam dari total sepuluh laga kandang Greg Nwokolo dkk. harus digelar pada hari kerja. Selain itu, ada jadwal yang dinilai memberatkan, yakni, Selasa (15/4), harus tandang ke Persipura Jayapura di Stadion Mandala. Namun, lima hari kemudian meladeni Perseru Serui di GBT.

"Hal tersebut tentunya berhubungan dengan pemulihan kondisi pemain. Bukan susunan jadwal yang baik karena faktor hari juga sangat menentukan jumlah penonton yang datang ke stadion," ujar Diar.