Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditangani Hornacek, Phoenix Mencuri Perhatian

By Eko Widodo - Kamis, 2 Januari 2014 | 15:32 WIB
Jeff Hornacek (kanan), sukses memadukan Goran Dragic dan Eric Bledsoe. (Getty Images)

Sinar Phoenix Suns semakin cemerlang di tahun 2014. Itulah prediksi banyak pengamat setelah transformasi yang dilakukan usai pergantian pelatih.

Jeff Hornacek pelatih Suns membawa tipe permainan favoritnya: pick-n-roll, kick out game, akurasi tembakan, dan permainan cepat. Hornacek meskipun berpenampilan kalem, sementara berhasil membawa Suns menempati peringkat keenam Wilayah Barat sampai akhir tahun 2013.

Saat masih bermain di Jazz, ia belajar hakikat effort, percaya diri, dan kerja sama tim dari Jerry Sloan, pelatih tersukses di Jazz. Ia memahami sikap saling percaya yang ditanamkan Sloan ke John Stockton, Karl Malone, dan dirinya. Ketika dilamar menjadi pelatih kepala di Suns, ia mengusulkan sendiri komposisi pemain agar Suns bermain solid.

Untuk guard ia memadukan dua pemain cepat namun penuh kontrol, Eric Bledsoe dan Goran Dragic. Ia memasang si kembar Markieff dan Marcus Morris. Gerald Green dan Channing Frye serta P.J. Tucker memjadi begitu mengerikan bagi setiap lawan.

"Dimulai dari rasa percaya diri dan saling memercayai. Tim harus didasari oleh kerja sama," ucap Hornacek.

Dalam urusan prestasi, Hornacek lebih baik dari Jason Kidd (Brooklyn Nets). Nets sekarang di papan bawah Wilayah Timur. Pengalaman enam musim sebagai asisten pelatih adalah bekal penting memahami pemain dan gaya permainan di NBA. Hornacek juga percaya pada para pemain dan melakukan rotasi 9-11 pemain di setiap laga.