Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Masuki Usia 35, Luis Garcia Umumkan Pensiun

By Eko Widodo - Rabu, 15 Januari 2014 | 02:46 WIB
Luis Javier Garcia Sanz (Clive Brunskill/Getty Images)

Mantan striker Barcelona, Atletico Madrid, dan Liverpool, Luis Javier Garcia Sanz kini telah mengumumkan pengunduran dirinya. Ia adalah lulusan akademi Blaugrana dan bergabung dengan The Reds pada awal musim 2004/05, sebelum akhirnya kembali membela Los Colchoneros pada 2007.

Luis Garcia membuat lebih dari 100 penampilan bagi Liverpool dan mencetak 33 gol, serta memenangkan Liga Champion pada musim 2004/05. Dia juga meraih posisi runner-up di kejuaraan yang sama pada 2007 serta memenangkan Piala FA satu musim sebelumya.

Penampilan hebat Garcia bersama Liverpool di bawah Manajer Rafael Benitez telah membuatnya mendapatkan panggilan masuk ke skuat timnas Spanyol pada 2005. Sejak itu ia mendapatkan 20 penampilan serta bermain di Piala Dunia 2006 Jerman.

Setelah kembali ke Spanyol pada 2007, Garcia menghabiskan dua musim lagi bersama Atletico sebelum hijrah ke Racing Santander pada 2009. Setelah itu, ia berkelana ke Yunani untuk membela Panathinaikos selama satu musim, sebelum ia memutuskan untuk berlaga di Liga Meksiko bersama Puebla selama satu musim, dan hirah ke Pumas UNAM yang menjadi klub terakhirnya.

"Sudah waktunya. Ini tidak akan pernah mudah bagi setiap pemain (untuk pensiun), namun hal ini tidak akan bisa dihindari oleh siapa pun. Saya telah bertahun-tahun melakukan apa yang membuat saya senang dan untuk memenuhi impian yang saya miliki sejak kecil," tutur Garcia dikutip dari Football Espana.

"Hari ini saya pensiun sebagai pemain sepakbola profesional. Saya berterima kasih kepada tim yang masih memiliki minat untuk memainkan saya dalam beberapa pekan terakhir. Tapi saya pikir ini sudah waktunya bagi saya untuk mengakhiri bab terpenting dalam hidup saya untuk pindah ke halaman berikutnya," ungkap Garcia.