Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lebih Konsisten, SM Britama Taklukkan Garuda

By Eko Widodo - Senin, 13 Januari 2014 | 12:35 WIB
Amin Prihantono (kanan), menurut pelatih kepala defense masih belum konsisten. (Fernando Randy)

63 atas Garuda Kukar Bandung. Ini adalah kemenangan kedua SM dan sekaligus kekalahan kedua Garuda.

Garuda meladeni permainan sistematis dan mengutamakan big man SM dengan gigih di kuarter pertama. Point guard SM, Hardianus mengejutkan Garuda lewat lemparan dua tembakan 3 angka. Kuarter pertama dimenangi Garuda dengan 21-19.

Garuda tak mengendurkan tekanan di kuarter kedua, sehingga kemenangan diperoleh dengan 17-14. Namun memasuki babak kedua, Garuda terlihat kehilangan fokus di kuarter ketiga. Kuarter ketiga telak dimenangi SM dengan 19-7. Kuarter keempat juga direbut SM dengan 23-18.

SM konsisten dengan perolehan field goal 40%, sementara Garuda 33%. SM mencetak 20 assist dalam laga ini. Namun Garuda outrebound SM dengan 45-35. Memperoleh 17 offensive rebound, sayangnya Garuda tak berhasil memanfaatkan kelebihan itu.

Menurut pelatih Garuda A.F. Rinaldo mental pemainnya harus dimatangkan pada fase krisis. Banyak poin yang terbuang karena pemain tidak tenang.

"Anak-anak juga kelelahan karena intensitas pertandingan yang tinggi. Tapi, yang pasti field goal kami kalah. Mereka bisa sampai 41 persen,"' ujar Inal, panggilan AF Rinaldo kepada web resmi NBL Indonesia.

Menurut pelatih SM Britama, Cokorda Raka Satrya Wibawa mengatakan puas atas kemenangan ini. Sebab, dua lawan berat di seri II bisa dilalui. Namun, dia mengeluh karena Amin Prihantono dkk tidak konsisten.

"Defense anak-anak masih kurang konsisten. Tapi, saya terus menekankan ke pemain agar dua kuarter akhir bisa kami ambil," tutur Wiwin, panggilan Cokorda.

Chadistira Pranatyo mencetak 14 angka untuk Garuda diikuti Diftha Pratama dengan 11. Galank Gunawan, eks SM, mencetak 6 angka dan 18 rebound untuk Garuda. Dari SM Britama, Rony Gunawan mencetak 19 angka 8 rebound sementara Hardianus membuat 11 angka 4 assist,