Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosell: Xavi adalah Arsitek Utama Tiki-Taka

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 11 Januari 2014 | 02:51 WIB
Xavi Hernandez (tengah) dan Sandro Rosell (kanan) (Europa Press/Getty Images)

taka khas Blaugrana bukanlah filosofi klub sejak pertama kali berdiri. Gaya bermain itu diinsirasikan oleh Xavi Hernandez.

Gaya bermain tiki-taka yang menekankan kepada umpan-umpan pendek khas Barcelona yang mulai muncul saat Blaugrana diarsiteki Frank Rijkaard, ternyata bukan hasil ciptaan pelatih asal Belanda itu atau pun Josep Guardiola. Namun, itu adalah temuan para pemain Barcelona sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Rosell dalam acara Fair Play Award yang dilakukan oleh Pemain Barcelona. Ia mengatakan bahwa tiki-taka adalah ciri khas Xavi dan tidak akan berjalan dengan baik bila pemain berusia 33 tahun itu tidak ada.

"Saya selalu mengatakan bahwa Xavi, Andres Iniesta, dan Lionel Messi dibantu oleh Sergio Busquets adalah penemu tiki-taka," tutur Rosell kepada Sport.

"Tiki-taka bukanlah filosofi klub sejak pertama kali berdiri. Hal ini ditemukan oleh tiga pemain tersebut dan juga Busquets. Namun, gaya bermain ini tidak akan berjalan tanpa Xavi. Tiki-taka adalah ciri khasnya," lanjut Rosell.