Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mau Juara? Andy Murray Harus Perkuat Mental

By Tulus Muliawan - Kamis, 9 Januari 2014 | 22:33 WIB
Mats Wilander, beri dukungan untuk Murray. (Charlie Crowhurst/Getty Images)

Setelah absen panjang akibat cedera punggung, Andy Murray dijadwalkan tampil di ajang Grand Slam Australia Terbuka pekan depan. Turnamen Grand Slam awal tahun itu akan menjadi ajang pembuktian kualitas Murray.

Setelah absen sejak Oktober lalu, Murray lebih memilih menyibukkan diri dengan latihan kebugaran dan teknis secara pribadi daripada tampil di turnamen eksebisi.

Setelah dinyatakan pulih, ajang Qatar Terbuka pekan lalu menjadi turnamen resmi pertama yang diikuti Murray. Namun, hasilnya kurang memuaskan. Petenis kelahiran Skotlandia itu gugur di babak awal.

Perkembangan penampilan Murray cukup menjadi sorotan eks bintang tenis Swedia, Mats Wilander. Menurut peraih tujuh titel Grand Slam tersebut, untuk meraih hasil maksimal di Australia Terbuka, Murray wajib memperkuat mentalnya.

Soal peluang Murray menjadi juara, Wilander menilai kesempatan itu sangat kecil. Pasalnya, kondisi fisik Murray terlihat belum fit sepenuhnya. Hal itu terlihat saat ia tampil di Doha.

"Murray sudah menjadi legenda dengan pencapaian yang diraihnya selama ini (untuk Inggris Raya). Sekarang semuanya tergantung dia sendiri," tutur Wilander kepada Mirror.

"Sebelum memikirkan gelar juara, Murray wajib bermain lebih baik dari sebelumnya. Setelah itu, barulah menjadi pemain terbaik," ucap Wilander.