Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Adu Tajam Diego Costa Kontra Lionel Messi

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 10 Januari 2014 | 16:08 WIB
Lionel Messi (Getty Images)

Tidak ada yang meragukan ketajaman sosok Lionel Messi bersama Barcelona, namun Diego Costa juga telah memberi bukti dengan catatan 19 golnya. Partai penentu siapa yang paling layak menempati puncak klasemen sementara La Liga antara Atletico Madrid kontra Barcelona akan tersaji di Vicente Calderon, Minggu (12/1) dini hari WIB.

Sejak musim 2009/10 Lionel Messi tidak pernah mencetak gol kurang dari angka 30 di La Liga. Akan tetapi, cedera dalam dua bulan terakhir menyumbat gelontoran gol-gol Messi yang terhenti di angka delapan.

Ya, mega bintang Barcelona itu mengalami cedera otot di sekitar paha belakang hingga bagian atas betis sejak November 2013. Namun pertandingan pertandingan melawan Getafe di leg I perdelapan final Copa del Rey menjadi penanda kembalinya mesin gol.

Walau hanya tampil sebagai pemain pengganti, Messi membuktikan ketajaman tidak berkurang hanya karena masalah cedera. Ia langsung mencetak dua gol dan Barcelona memetik kemenangan telak 4-0 atas Getafe.

Sementara itu, Atletico Madrid juga memiliki mesin gol baru setelah ditinggal Radamel Falcao yang memutuskan pindah ke AS Monaco, Diego da Silva Costa. Saat ini, Costa bersaing dengan Cristiano Ronaldo dalam daftar pencetak gol terbanyak La Liga. Dengan 19 gol, Costa hanya kalah satu gol dari Ronaldo.

Fakta yang perlu diwaspadai Barcelona adalah Costa selalu berhasil mencetak gol saat Atletico tampil di Vicente Calderon sejak awal musim. Walau belum pernah mencetak hattrick di La Liga, Costa selalu mencetak dua gol di dua laga terakhir depan pendukung sendiri.

Di luar dua nama tersebut ada nama-nama pencetak gol lain Atletico Madrid dan Barcelona yang juga menarik dinantikan. Dari Atletico ada eks penyerang yang pernah berseragam Blugrana, David Silva dan Koke, sedangkan dari skuat Gerardo Martino ada Pedro Rodgriguez dan Alexis Sanchez.

Bahkan Martinez mengakui Pedro dan Alexis lebih baik dari Cesc Fabregas dan Neymar. Yang pasti adu ketajaman Messi dan Costa akan menjadi dua nama paling dinanti.