Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nomor Balap Pilihan Bintang Formula 1 untuk 2014

By Oka Akhsan M. - Rabu, 8 Januari 2014 | 21:13 WIB
Kevin Magnussen, memilih nomor 20. (autosport.com)

Mulai musim 2014, Federasi Otomotif Internasional (FIA) mewajibkan setiap pebalap memilih nomor balap yang akan digunakan secara permanen sepanjang karier Formula 1. Para pebalap satu per satu mulai mengungkapkan nomor pilihan mereka.

Awak Ferrari, Fernando Alonso, memilih nomor 14, sedangkan Nico Rosberg (Mercedes) berharap memakai nomor 6. Nomor pilihan pebalap lain adalah 19 (Felipe Massa/Williams), 25 (Jean-Eric Vergne/Toro Rosso), dan 77 (Valtteri Bottas/Williams).

Pekan silam, Romain Grosjean (Lotus) mengumumkan lewat akun facebook bahwa dirinya ingin menggunakan nomor 8 yang menjadi nomor balapnya pada 2013. Dua nomor cadangannya adalah 29 dan 11.

Sejauh ini, belum ada pebalap yang menginginkan nomor 8 dan 29. Namun, 11 merupakan nomor pilihan pebalap anyar Force India, Sergio Perez.

Nomor 7 menjadi angka yang paling laris. Nomor yang cukup populer di sepak bola itu diperebutkan Kimi Raikkonen (Ferrari) dan Jules Bianchi (Marussia).

Sosok teranyar yang mengumumkan nomor pilihannya adalah rookie milik McLaren, Kevin Magnussen. Lewat akun twitter, ia mengaku ingin memakai nomor 20, yang digunakannya saat memenangi Seri Formula Renault 3,5 pada musim lalu.