Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pirelli Jadi Pemasok Ban Tunggal F1 Hingga 2016

By Oka Akhsan M. - Kamis, 16 Januari 2014 | 19:21 WIB
Ban Pirelli. (Peter J Fox/Getty Images)

Pirelli akan terus menjadi pemasok ban tunggal Formula 1 hingga 2016. Pirelli dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) menyepakati kontrak berdurasi tiga tahun, pada Kamis (16/1).

Kontrak Pirelli dengan F1 habis pada akhir musim 2013. Perusahaan ban asal Italia itu kemudian menyepakati kontrak baru berdurasi lima tahun dengan bos F1, Bernie Ecclestone, pada September. Namun, FIA hanya menyetujui perpanjangan kontrak berdurasi tiga tahun.

Negosiasi perpanjangan kontrak antara FIA dan Pirelli berjalan cukup alot. Pasalnya, Pirelli meminta FIA untuk mengubah regulasi sport F1 untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Permintaan Pirelli cukup wajar. Regulasi yang membatasi tes ban membuat Pirelli kesulitan mendapatkan data untuk pengembangan ban. Akibatnya, masalah ban mewarnai fase awal F1 musim lalu. FIA menuruti keamuan Pirelli dan membuat perubahan regulasi terkait tes ban mulai musim depan.

Seperti dilansir situs resmi FIA, satu dari 12 hari tes pramusim resmi akan dikhususkan untuk uji ban basah. Setiap tim juga diwajibkan menyediakan satu dari delapan hari tes tengah musim khusus untuk menguji ban bersama teknisi Pirelli.