Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Pilar Semen Padang Cedera

By Ade Jayadireja - Selasa, 7 Januari 2014 | 19:40 WIB
Eka Ramdani (Budi Kresnadi)

LAGA perdana Inter Island Cup 2014 melawan Sriwijaya FC, tiga pilar utama Semen Padang (SP) mengalami cidera serius. Kemungkinan besar mereka tak bisa mengenyam laga resmi pertamanya dengan Tim Kabau Sirah pada 10 Januari lusa di Stadion Agus Salim Padang. Mereka adalah Hendra Adibayauw, Eka Ramdani dan Muhammad Nur Iskandar.

Bahkan, Bayauw harus pulang ke Ambon untuk menjalani terapi tradisional untuk pemulihannya sejak beberapa hari lalu. “Banar, Bayauw pulang untuk melakukan pengobatan tradisional di kampungnya. Ia merasa lebih fresh dengan pengobatan tradisional dari pada pengobatan medis lainnya. Makanya ia memilih pulang ke Ambon,” jelas pelatih Jafri Sastra, Selasa kemarin.

Jafri sendiri juga tidak tahu pasti kondisi sikut kiri pemain sayap andalannya itu. “Awalnya yang saya tahu sikut kirinya terkilir. Tetapi belakangan berkembang lebih parah dan mungkin mengalami retak atau apa. Melihat kondisi ini ia minta izin melakukan pengobatan alternatif ke kampung halamannya,” ulas Jafri lagi.

Lain lagi halnya gelandang Eka Ramdani. Engkel kaki kanannya yang cidera saat menjalani latihan, sudah mulai membaik.

Namun untuk bisa diturunkan dalam IIC nanti, Jafri belum bisa memastikan. Meski sudah ikut berlatih bersama rekan-rekannya yang lain, tetapi kondisinya belum seratus persen. Begitu juga halnya strikier Muhammad Nur Iskandar. Pemain berdarah Papua itu mengalami cedera betis kanan, yang menyebabkan ia absen dalam beberapa kali latihan. Bahkan saat beruji coba melawan Sime Darny Malaysia beberapa hari lalu, Nur tak ada dalam line-up.

“Kini kondisi keduanya  sudah mulai membaik. Sudah sama-sama menjalani latihan rutin sejak dua hari lalu. Tetapi untuk bisa diturunkan dalam IIC nanti kita lihat dulu dalam satu atau dua hari ini. Kalau belum memungkinkan saya tidak akan memaksakan mereka, karena akan merugikan tim dalam kompetisi LSI nanti,” Jafri menjelaskan.

Namun demikian Jafri tak terlalu risau dengan kondisi timnya saat ini. Alasan Jafri, ia menyiapkan pemain di masing-masing posisi untuk tugas dan tanggungjawab yang sama. Tak ada pemain inti yang kalau mengalami cidera akan membuat tim jadi pincang. Semuanya siap menggantikan posisi pemain yang belum siap.

“Tak masalah. Saya punya banyak pilihan yang akan mengisi posisi Bayauw, Eka dan Nur,” ulasnya.

Ricky Ohorela, siap menggantikan Nur Iskandar di lini depan maupun posisi Bayauw di sayap kanan atau kiri. Begitu juga Jajang Paliama, Rudy Doank dan M. Rizal bisa mengisi posisi Eka Ramdani. Selain itu SP masih punya Fandi,  Fadilah atau Irfandi yang siap setiap saat menggantikan posisi yang lowong.

Tentang isu yang menyebut kalau Titus Bonai bakal kembali ke SP, Jafri mengaku tak memikirkan hal itu. Ada Bonai atau bukan, baginya bukan masalah, karena ia merasa sudah punya  pemain yang cukup. Lagi pula, mantan striker SP musim lalu itu juga tak jelas ujung pangkalnya. “Kalau saya tak memikirkannya. Apalagi kabar kedatangannya tak jelas ujung pangkalnya,” Jafri menambahkan.

(Yos Rizal)