Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arema Paksa Hamburg Bermain Imbang 2-2

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 6 Januari 2014 | 22:05 WIB
Rafael van der Vaart dikawal ketat para pemain Arema (Fernando Randy/Bolanews)

2. Dua gol Hamburg diciptakan Rafael van der Vaart dan Jacques Zoua, sedangkan dua gol Arema ditorehkan Cristian Gonzales dan Sunarto.

Sejak kick-off babak pertama Hamburg SV langsung mengambil dominasi permainan atas Arema Indonesia. Sejumlah ancaman terus di perlihatkan Rafael van der Vaart dkk.

Pertahanan Arema hanya mampu bertahan selama 22 menit mencegah Hamburg mencetak gol. Akan tetapi, pada menit ke-23 skuat Bert van Marwijk mampu membuka keunggulan 1-0 dari titik penalti. Wasit memberikan hadiah penalti setelah penyerang Jacques Zoua dijatuhkan Benny Wahyudi di dalam area terlarang. Van der Vaart yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukan kiper Kurnia Meiga.

Arema mampu memperlihatkan perkembangan permainan setelah time-out di babak pertama. Pada menit ke-34 berawal dari penetrasi Johan Alfarizi dan umpan yang dilepaskannya sanggup diselesaikan dengan baik oleh Cristian Gonzales. Arema pun menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dua menit sebelum laga babak pertama berakhir klub asal Bundesliga ini kembali unggul 2-1. Zoua yang mendapatkan ruang cukup terbuka untuk melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Derasnya bola dan dekatnya jarak membuat Kurnia Meiga tidak sanggup menggagalkan tendangan tersebut. Hamburg pun menutup 45 menit pertama dengan keunggulan 2-1.

Di babak kedua Van Marwijk langsung mengganti hampir seluruh pemainnya, sedangkan Arema melakukan rotasi secara bertahap. Kendati demikian, Arema mampu memperlihatkan permainan lebih baik di babak kedua.

Pada menit ke-56 Sunarto yang masuk menggantikan Samsul Arif mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tembakan keras Sunarto dari dalam kotak penalti berkat umpan yang dilepaskan Irsyad Maulana tidak sanggup diantisipasi kiper Sven Nehaus yang menggantikan Drobny.

Dengan sebagian besar tenaga baru di babak kedua, Hamburg kembali mendapatkan sejumlah peluang tambahan. Akan tetapi, permainan bertahan impresif yang diperagakan anak-anak Singo Edan memaksa Hamburg harus puas dengan hasil akhir imbang 2-2.

Susunan Pemain:

Arema Indonesia: Meiga; Igbonefo, Gathuessi, Alfarizi (Purwaka 46′), Benny; Revi (Dendi 46′), Bustomi, Gustavo (Hendro 82′); Samsul (Sunarto 54′), Beto (Sukadana 71′), Gonzales (Irsyad 46′).

Hamburg SV: Drobny (Neuhaus 46′); Lam (Diekmeier 60′), Sobiech (Djorou 46′), Tah (Mancienne 46′), Jansen (Jordan 46′); Badelj (Rincon 46′), Jiracek (Arslan 46′), Zoua (beister 46′), Van der Vaart (Calhanoglu 46′), Ilicevic (Bruening 46′);  Rudnevs (Lasogga 46′).