Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Heynckes Tidak Pernah Mimpi Jadi Pelatih Terbaik

By Eko Widodo - Selasa, 14 Januari 2014 | 01:57 WIB
Jupp Heynckes (Mike Hewitt/FIFA/Getty Images)

Dalam Gala Ballon d'Or 2013, FIFA telah memilih untuk memberikan penghargaan Petatih Terbaik Dunia 2013 kepada Jupp Heynckes. Mantan pelatih Bayern Munchen itu sukses mengungguli Sir Alex Ferguson dan Jurgen Klopp, meski mengaku tidak pernah bermimpi untuk bisa memenangkannya.

Keberhasilan Heynckes membawa Muenchen meraih tiga gelar sekaligus dalam satu musim, seperti DFB Pokal, Bundesliga, dan Liga Champion, merupakan puncak dari kesuksesan Die Bayern. Maka sangat wajar bila FIFA menjatuhkannya kepada pelatih yang kini telah memutuskan pensiun sejak akhir musim 2012/13.

Heynckes pun sangat senang dan bangga untuk bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Ia persembahkan gelar tersebut kepada semua orang di klub Bayern. Ia pun mengaku tidak pernah memimpikan untuk bisa meraih penghargaan ini sebelumnya.

"Saya sangat bersyukur berada di sini untuk mengambil penghargaan ini hari ini. Ini sangat berarti bagi saya untuk mendapatkan penghargaan tepat di akhir karir saya. Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tapi ini untuk seluruh orang di klub, Bayern Muenchen, terutama bagi semua orang yang telah bekerja dengan saya selama periode ini," tutur Heynckes.

"Saya telah dibekali pemain kelas dunia dan mereka mampu menghasilkan permainan yang menakjubkan. Para staf pelatih juga telah sangat berkontribusi. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya untuk menghasilkan tim pemenang ini."

"Sepuluh tahun yang lalu, saya bahkan tidak pernah bermimpi untuk mendapatkan ini. Saya kagum dan senang bisa berdiri di sini. Terima kasih banyak," tutupnya.