Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penentuan Kelayakan Puncak Klasemen La Liga

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 10 Januari 2014 | 14:38 WIB
David Villa berebut bola dengan Lionel Messi (Getty Images)

Bentrok Atletico Madrid kontra Barcelona akan menjadi partai penentuan siapa yang paling layak menempati puncak klasemen sementara La Liga. Laga tersebut akan tersaji di Stadion Vicente Calderon, Minggu (12/1) dini hari WIB.

Saat ini berkat keunggulan produktifitas gol Barcelona menempati posisi teratas klasemen dan Atletico Madrid di urutan kedua, namun kedua tim tersebut mempunyai kemasan poin sama besar 49. Atletico terus menyamai kemasan poin Barcelona sejak skuat Gerardo martino mengalami kekalahan di markas Athletic Bilbao 2 Desember 2013.

Los Colchoneros selalu memetik kemenangan sejauh perjalanan musim 2013/14 setiap berlaga di Vicente Calderon. Pasukan Diego Simeone juga memiliki pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan 11 gol, enam diantaranya tercipta di laga kandang.

Catatan tersebut sedikit lebih baik dari Barcelona yang sempat mengalami kesulitan karena cedera yang dialami Lionel Messi. Untungnya, Martino masih memiliki pemain seperti Neymar, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez dan Alexis Sanchez yang mampu dengan cepat mengembalikan Barcelona ke jalur kemenangan.

Pedro dan Alexis mencetak hattrick dalam dua laga terakhir Barcelona, sedangkan Neymar dan Fabregas mencetak dua gol pasca kekalahan dari Athletic Bilbao. Akan tetapi, Messi dipastikan kembali bermain di laga penting kontra Atletico.

Atletico terbukti selalu menyulitkan Barcelona setiap bertemu di Vicente Calderon. Barcelona hanya menang 2-1 dalam dua musim terakhir di Calderon. Kunjungan terakhir di ajang Piala Super Spanyol bahkan Blaugrana hanya bermain imbang 1-1.

Di atas kertas kekuatan Barcelona dan Atletico saat ini berimbang. Akan tetapi, hasil akhir belum tentu sama di lapangan dan pemenang di pertandingan tersebut dapat disebut tim yang benar-benar pantas menempati puncak klasemen sementara La Liga.