Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

West Brom Resmi Tunjuk Pepe Mel Jadi Manajer Baru

By Eko Widodo - Jumat, 10 Januari 2014 | 04:30 WIB
Jose 'Pepe' Mel Perez, jadi manajer baru West Bromwich Albion. (Harry Engels/Getty Images)

West Bromwich Albion kini telah resmi menunjuk Jose 'Pepe' Mel Perez sebagai manajer baru untuk menggantikan Steve Clarke yang dipecat pada Desember 2013. Pelatih asal Spanyol itu pun baru dipecat Real Betis pada bulan yang sama.

Pepe Mel pada musim 2013 bersama Real Betis dipandang telah gagal setelah membawa Los Verdiblancos berada di dasar klasemen La Liga, meskipun mampu bersaing di Liga Europa. Namun, ia tetap mendapatankepercayaan dari West Brom untuk menukangi tim dengan durasi kontrak selama 18 bulan.

Di sepanjang karier kepelatihanya, Mel telah melatih banyak klub Spanyol sejak Juni 2000, seperti Rayo Vallecano, Deportivo Alaves, Getafe, Tenerife, dan Real Murcia. Reputasinya sebagai seorang pelatih pun terbilang cukup besar di Spanyol sebagai salah satu yang terbaik.

Namun, kini bersama West Brom adalah kali petama bagi Mel menangani klub di luar Spanyol. Terlebih, kompetisi Premier League sangat berbeda dengan La Liga yang tentu akan membuat pelatih berusia 51 tahun itu kesulitan dan harus beradaptasi terlebih dahulu dengan gaya bermain di Inggris.

"Pepe adalah pelatih yang berpikir ke depan dan tim sangat terkenal memainkan gaya yang menarik dan positif dari sepak bola,'' tutur Direktur Olahraga dan Teknis West Brom, Richard Garlick di situs resmi klub.