Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Adrian Sutil Resmi Gabung Sauber

By Oka Akhsan M. - Jumat, 13 Desember 2013 | 22:14 WIB
Adrian Sutil (Mark Thompson/Getty Images)

Adrian Sutil resmi bergabung dengan Sauber untuk Formula 1 2014, Jumat (13/12). Pebalap asal Jerman itu secara tidak langsung bertukar posisi dengan Nico Hulkenberg yang hijrah ke Force India.

Rumor mengenai kepindahan Sutil ke Sauber sudah terendus sejak September ketika pebalap berusia 30 tahun itu mengunjungi markas tim di Swiss. Semua akhirnya menjadi jelas setelah Sutil kehilangan kursi di Force India menyusul kedatangan Sergio Perez.

"Saya sangat senang akhirnya kami mencapai titik temu. Saya sudah lama ingin bergabung dengan Sauber, tapi negosiasi ternyata berjalan alot. Kini saya bisa merayakan natal dengan tenang," kata Sutil seperti dilansir Sky Sports.

"Setelah enam tahun di Force India, saya menatap tantangan baru. Saya bertekad meraih kesuksesan di Sauber," ujar Sutil.

Siapa duet Sutil di Sauber pada musim depan masih menjadi misteri. Terdapat dua nama yang muncul di media, yaitu pebalap musim lalu, Esteban Gutierrez, dan pemuda asal Rusia, Sergey Sirotkin.

Dengan bergabungnya Sutil ke Sauber, dari 22 kursi untuk musim depan tinggal empat yang masih lowong, yaitu dua di Caterham serta masing-masing satu di Marussia dan Sauber.

Line-up tim F1 2014:

Red Bull: Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo.
Ferrari: Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen.
Mercedes: Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.
Lotus: Romain Grosjean dan Pastor Maldonado.
McLaren: Jenson Button dan Kevin Magnussen.
Sauber: Adrian Sutil dan belum diumumkan.
Force India: Nico Hulkenberg dan Sergio Perez.
Williams: Felipe Massa dan Valtteri Bottas.
Toro Rosso: Jean-Eric Vergne dan Daniil Kvyat.
Caterham: belum diumumkan.
Marussia: Jules Bianchi dan belum diumumkan.