Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Misi Tambah Kuota Lokal Paris Saint-Germain

By Eko Widodo - Rabu, 1 Januari 2014 | 10:04 WIB
Yohan Cabaye, dalam radar rekruitmen PSG. (AFP)

Germain, Laurent Blanc, mengonfirmasi tak akan ada perubahan besar di skuat asuhannya meski bursa transfer Januari ini akan segera dibuka. Blanc mengatakan hal itu dalam konferensi pers menjelang laga persahabatan kontra Real Madrid (2/1) di Doha, Qatar.

Sejauh ini Blanc juga merasa puas terhadap kinerja pasukannya sehingga ia merasa hanya penambahan minor di sejumlah posisi yang mutlak dibutuhkan.

“Jika ada penambahan, saya jamin hanya sedikit. Kami tak akan mengubah susunan skuat secara drastis. Sepertinya media saja yang terlihat antusias menyambut bursa transfer ini. Sejauh ini saya masih merasa puas terhadap skuat ini,” kata Blanc kepada France Football.

Mengapa pula Blanc tidak puas? Les Parisiens bisa menjadi juara paruh musim dengan akumulasi 44 angka alias tertinggi di Ligue 1 sejak Olympique Lyon mengumpulkan 50 poin pada 2006/07.

Blanc juga dianugerahi dua striker tertajam di liga saat ini: Zlatan Ibrahimovic (15 gol) dan Edinson Cavani (12). Mungkin satu-satunya kekecewaan pelatih berusia 48 tahun itu ialah fakta bahwa para pemain lain seolah tidak mampu berkontribusi langsung dengan ikut mencetak gol.

Tak heran apabila isu dan rumor transfer yang berkutat di klub ibu kota ini lebih mengarah kepada para pemain depan atau yang beroperasi sebagai gelandang berkarakter menyerang.

Hanya, sejumlah media Prancis juga menambahkan PSG kini memprioritaskan pemain lokal jika benar-benar ada pergerakan di bursa. Dua nama pemain asal Prancis yang lantas mencuat adalah gelandang Newcastle, Yohan Cabaye, dan gelandang muda Real Sociedad, Antoine Griez-mann.

Prioritas ini diambil untuk menambah kuota pemain lokal di tim utama. Sejauh ini PSG memiliki 13 pemain asing, salah satu yang terbanyak di Prancis. PSG juga menjadi satusatunya tim yang pernah menurunkan starting XI seluruhnya pemain asing, yakni saat melawan OL di awal bulan ini.

“Cabaye pemain bagus dan selalu masuk hitungan saya. Akan tetapi, saat ini saya belum bisa berkata apa-apa lagi soal Cabaye,” ucap Blanc.