Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ballon d'Or Tidak Penting Bagi Cristiano Ronaldo

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 9 Desember 2013 | 23:04 WIB
Cristiano Ronaldo (Getty Images)

Cristiano Ronaldo menegaskan Ballon d'Or bukan sesuatu yang sangat penting bagi pesepakbola. Mega bintang Real Madrid ini juga mengaku sama sekali tidak akan kecewa apabila tidak terpilih sebagai pemain yang memenangi Ballon d'Or 2013.

Franck Ribery, Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, dan Cristiano Ronaldo merupakan empat kandidat terkuat untuk memenangi Ballon d'Or 2013. Tiga gelar di ajang Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champion menjadikan Ribery sebagai pemain yang disebut-sebut paling layak memenangi penghargaan tersebut.

Ronaldo pernah satu kali memenangi Ballon d'Or pada 2008 saat masih berseragam Manchester United. Bomber Real Madrid ini selalu menjadi kandidat utama pada tahun-tahun berikutnya. Akan tetapi, dalam empat tahun terakhir ia selalu kalah bersaing dengan Lionel Messi.

"Ballon d'Or bukan sesuatu yang paling penting dalam kerier pesepakbola. Hal itu penting bagi sejumlah pemain dan saya memahaminya. Akan tetapi, itu hanya sebuah trofi individual," kata Ronaldo seperti dilansir beIN Sport.

"Tentu menyenangkan apabila dapat memenangi penghargaan tersebut. Jika tidak, tentu juga bukan masalah dan bukan akhir dari segalanya. Selain itu, ada banyak pemain hebat yang pantas tapi tidak memenanginya," tuturnya.