Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Brendan Rodgers Terancam Mendapat Sanksi dari FA

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 27 Desember 2013 | 21:06 WIB
Brendan Rodgers (Getty Images)

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, terancam mendapatkan sanksi dari FA. Otoritas tertinggi sepak bola Inggris tersebut akan menyelidiki kritikan yang dilontarkan Rodgers terhadap wasit dan ofisial pertandingan yang memimpin jalannya laga Manchester City kontra Liverpool, Lee Mason.

Liverpool langsung terjun bebas dari posisi puncak klasemen sementara ke urutan keempat usai mengalami kekalahan 1-2 dari Manchester City, Jumat (27/12), di laga Boxing Day. Philippe Coutinho sempat membuat The Reds unggul pada menit ke-24 di Etihad Stadium. Akan tetapi, dua gol balasan dari Vincent Kompany dan Alvaro Negredo memaksa Luis Suarez cs. pulang tanpa poin.

Usai pertandingan Brendan Rodgers melontarkan kritikan yang ditujukan terhadap pangadil pertandingan, Lee Mason. Rodgers menyebut beberapa keputusan Mason telah merugikan Liverpool di laga tersebut.

"Memang bukan tidak mungkin ofisial pertandingan melakukan kesalahan, namun kesalahan itu tidak seharusnya terjadi di level ini. Ini adalah pertandingan besar. Itu adalah keputusan buruk dan jelas Raheem Sterling mencetak gol dan tidak offside," ujar Rodgers usai pertandingan seperti dilansir Sky Sports.

"Jika Anda bekerja di level ini, Anda harus melakukan segala sesuatunya dengan benar. Itu bahkan bukan sebuah keputusan sulit. Itu adalah saat tepat untuk Raheem berlari, namun ia menyatakan offside ketika sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Ini adalah momen besar di pertandingan besar," paparnya.

"Ada insiden lain saat Luis Suarez mendapatkan gangguan dari Joleon Lescott di dalam kotak terlarang. Kami seharusnya mendapatkan tendangan penalti sesaat sebelum laga usai. Luis tidak bisa melompat karena Lescott menarik-narik bajunya," ungkap Rodgers.

Selain itu, Rodgers juga mempertanyakan keputusan FA yang menunjuk Lee Mason sebagai wasit di pertandingan tersebut yang berlangsung di Manchester. Mason adalah wasit asal Greater Manchester. Ia juga tidak yakin saat menghadapi City di Anfield, FA tidak akan menunjuk wasit yang berasal dari Wirral.

FA baru akan menginvestigasi pernyataan Rodgers yang dicurigai masuk kategori penyerangan terhadap ofisial pertandingan pekan depan. Itu berarti hingga partai berat lain melawan di akhir tahun 2013 kontra Chelsea, Rodgers masih mendampingi Suarez dkk.