Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Getafe, Martino Berhasil Capai Target

By Verdi Hendrawan - Senin, 23 Desember 2013 | 01:14 WIB
Pedro Rodriguez (kiri), pahlawan kebangkitan Barcelona atas Getafe. (Javier Soriano/Getty Images)

2 bukan hanya berhasil membawa Blaugrana meraih tiga poin. Hasil ini juga membuat Pelatih Gerardo Martino berhasil meraih target kecilnya untuk bisa memprtahankan puncak klasemen di akhir 2013.

Barcelona yang bertandang ke Estadio Coliseum Alfonso Perez berhasil dikejutkan oleh permainan baik Getafe dalam 20 menit pertama. Blaugrana harus tertinggal 0-2 atas tim tuan rumah berkat gol Sergio Escudero di menit ke-10 dan sundulan terarah Lisandro Lopez (15).

Namun, selepas 20 menit pertama, permainan Barcelona membaik. Baru di menit ke-34 Pedro Rodriguez mampu membuka gol kemenangan Barcelona berkat asist Francesc Fabregas.

Pedro pun berhasil melengkapi penampilan gemilangnya pada babak pertama dengan berhasil mencetak hattrick atas golnya pada menit ke-41 dan 43 melalui tendangan keras yang tidak dapat dihalau kiper Miguel Moya. Kedudukan 3-2 pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Barcelona mampu menjaga irama permainan dan penguasaan bola atas Getafe. Hasilnya, gol demi gol pun berhasil kembali tercipta. Kali ini yang menjadi bintangnya adalah Fabregas.

Mantan pemain Arsenal itu mampu memperbesar keunggulan Barcelona sebanyak dua kali melalui tendangan voli kerasnya pada menit ke-68 dan eksekusi penalti di menit ke-72 berkat pelanggaran kepada Pedro.

Keunggulan 5-2 pun menjadi hasil akhir pertandingan ini dan berhasil membawa Barcelona kembali ke puncak klasemen La Liga yang sebelumnya ditempati Atletico Madrid.

Keberhasilan mengamankan puncak klasemen ini menjadi target bagi Martino sebelum libur akhir tahun datang. Hal ini dipercaya bisa membuat performa Barcelona usai libur tetap baik dan mampu mempertahankannya hingga akhir musim.