Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rahmad Darmawan: Lupakan Kekalahan SEA Games 2011

By Ario Yosia - Rabu, 18 Desember 2013 | 18:24 WIB
Diego Michiels, harus melupakan kenangan pahit. (Ario Yosia/Bolanews)

23 Indonesia, Rahmad Darmawan, berharap pemainnya tak terjebak nostalgia kekalahan adu penalti menyakitkan dari Malaysia pada final SEA Games 2011. Pada Kamis (19/12) Stadion Zayyarthiri, Naypyitaw, Tim Merah-Putih kembali bersua Malaysia di semifinal SEA Games Myanmar 2013. ==Laporan Ario Yosia dari Myanmar==

"Para pemain tak perlu mengingat-ingat lagi kekalahan dua tahun silam. Fokus saja ke depan. Anggap saja hal itu sudah menjadi bagian dari masa lalu. Di semifinal SEA Games 2013 mari kita bersama songsong era baru," ujar Rahmad Darmawan.

Sang pelatih khawatir jika para pemain terjebak pada masa lalu, dan berambisi berlebihan untuk melakukan revans mereka justru kehilangan fokus bermain. "Kekuatan Malaysia sedikit berbeda tahun ini. Banyak pemain muda baru yang menjadi pilar inti. Begitupula di timnas U-23 Indonesia, mayoritas pemain bukan menjadi bagian dari skuat SEA Games 2011. Fokus saja pada permainan sendiri, tak perlu menggebu-gebu ingin melakukan revans kekalahan," kata Rahmad Darmawan.

Di skuat timnas U-23 sendiri saat ini hanya ada lima pemain eks SEA Games 2011, yakni: Kurnia Meiga, Andrithany, Diego Michiels, Ramdani Lestaluhu, Andik Vermansah, dan Egi Melgiansyah. Sementara 14 pemain lainnya merupakan pilar gres yang kali pertama bermain di ajang multievent negara-negara Asia Tenggara.