Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Panitia Umumkan Daftar Peserta

By Suryo Wahono - Rabu, 11 Desember 2013 | 22:00 WIB
Juara bertahan Australia terbuka, Novak Djokovic dan Victoria Azarenka (Getty Image)

26 Januari, mengumumkan daftar resmi para pemain yang akan tampil pada grand slam pembuka tahun itu, Rabu (11/12). Para peserta tersebut adalah yang rankingnya cukup untuk langsung bermain di babak utama, di luar para penerima wild card dan mereka yang merangkak dari babak kualifikasi.

Di putra, panitia boleh bergembira dengan kembalinya Rafael Nadal yang absen tahun lalu karena cedera lutut. Nadal bahkan akan menjadi unggulan teratas di Australia Terbuka, diikuti juara bertahan Novak Djokovic. Satu-satunya pemain 100 besar yang absen adalah Viktor Troicki yang masih menjalani hukuman akibat kasus doping. Peringkat ke-103 Go Soeda asal Jepang menjadi pemain putra terakhir yang memastikan tempat di babak utama secara langsung.

Di putri, Serana Williams akan menjadi unggulan pertama, diikuti juara bertahan Victoria Azarenka. Hanya dua pemain 100 besar yang tak hadir, yakni Maria Kirilenko yang masih cedera engkel dan juara Wimbledon 2013 Marion Bartoli yang sudah menyatakan pensiun dan rankingnya akan dihapus pada 1 Januari.

"Sekali lagi, daftar pemain yang akan tampil di Melbourne sangat bagus, bukti bahwa turnamen ini menjadi salah satu favorit mereka dan bagaimana mereka menginginkan gelar juara di sini," kata direktur turnamen Craig Tiley di Sky

Selain mereka yang lolos langsung, peserta lain adalah masing-masing delapan penerima wild card untuk tunggal putra dan putri, serta 16 putra dan 12 putri yang akan berjuang lewat kualifikasi.