Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ponaryo dan Oddang Bersaing Jadi Kapten PSM

By Tulus Muliawan - Selasa, 10 Desember 2013 | 07:08 WIB
Ponaryo Astaman, kandidat kuat kapten PSM. (Peksi Cahyo/Bolanews)

Pelatih PSM Makassar, Jorg Peter Steinebrunner, memastikan kapten Juku Eja musim depan adalah pemain lokal senior. Saat ini, ada enam pemain kategori senior dalam tim. yakni Andi Oddang, Ponaryo Astaman, Syamsul Chaeruddin, Muhammad Fakhruddin, Markus Horison, dan Budi Sudarsono.

Diantara nama-nama tersebut, dua nama yang mencuat yakni Ponaryo Astaman dan Andi Oddang. Popon -panggilan akrab Ponaryo- dianggap pantas jadi kapten utama karena pernah tercatat jadi kapten timnas Indonesia dan Sriwijaya FC.

Pemian yang biasa bermin sebagai gelandang jangkar ini juga merupakan kapten yang membawa PSM dua kali runner-up Liga Indonesia.

Andy Oddang, meski kalah pengalaman dari Popon, dia adalah kapten PSM musim lalu. Striker asal Jeneponto ini bisa jadi jembatan antara pemain dan pelatih.

"Soal kapten, kami punya banyak opsi. Saya sudah bicara dengan manajemen dan asisten pelatih, mungkin akan ada tiga opsi kapten," kata Jorg.

Disisi lain, Jorg mengaku akan menilai potensi pemainya di Piala Gubernur Jatim, termasuk ketahanan fisiknya. Ia akan memanfaatkan ajang tersebut sebagai salah satu seleksi untuk menentukan skuat utama.

"Tidak ada target juara di Jatim. Kalau menang bagus, saya senang dan kita semua pasti senang. Tapi kalau kalah, tidak masalah," kata Jorg.