Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barca Siap Bangun Stadion Terbesar Ke-3 di Dunia

By Verdi Hendrawan - Selasa, 10 Desember 2013 | 06:33 WIB
Barcelona masih kuang puas dengan kapasitas Camp Nou. (David Ramos/Getty Images)

Barcelona telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan membangun stadion baru dan lebih besar dari Camp Nou. Stadion ini akan menjadi yang terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas 105 ribu penonton.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh juru bicara Barcelona, Toni Freixa yang menyatakan bahwa sebelum memulai pembangunan klub akan melakukan jajak pendapat pada awal tahun depan.

Jajak pendapat ini mencakup hal membangun stadion baru atau merenofasi Camp Nou dan mengenai lokasi stadion yang diperkirakan akan berada di sekitar kota Barcelona.

Bila keputusan akhirnya adalah membangun stadion baru, maka kelak stadion itu akan menjadi yang terbesar ke tiga setelah Rungrado May Day Stadium di Korea Utara dengan kapasitas 150 ribu orang dan Saltlake Stadium di Calcuta, India (120 ribu).

Camp Nou saat ini memiliki kapasitas yang sudah sangat besar, yaitu 99.354 orang. Namun, keinginan untuk memperbesar lagi kapasitas stadion berusia 56 tahun itu terkendala oleh tingkat kesulitan untuk mendesain ulang dan lamanya waktu renofasi.

Hal ini bisa mengganggu pertandingan kandang Barcelona yang menjadikan opsi membangun stadion baru kini menjadi pilihan terbaik.