Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hitzfeld: Dominasi Spanyol Akan Digantikan

By Verdi Hendrawan - Kamis, 19 Desember 2013 | 19:22 WIB
Ottmar Hitzfled (Buda Mendes/Getty Images)

Dominasi sepak bola Spanyol memang telah menguasai Eropa dan dunia dalam lima tahun terakhir. Namun, bagi Ottmar Hitzfeld dominasi tersebut akan segera digantikan oleh Jerman.

Hitzfeld yang kini menukangi timnas Swiss, mempercayai bahwa dominasi Spanyol telah berakhir sejak musim 2012/13. Penyebabnya adalah keberhasilan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund berlaga di Final Liga Champion.

Hitzfeld pun yakin bahwa Munchen dan Dortmund akan menjadi tonggak utama keberhasilan Jerman untuk mengantikan dominasi Spanyol yang di gawangi oleh Real Madird dan Barcelona.

"Saya memperkirakan bahwa tahun lalu sepak bola Spanyol sudah digantikan sebagai permainan terbaik di dunia dengan keberhasilan Bayern dan Borussia Dortmund," tutur Hitzfeld kepada bundesliga.com.

"Bayern tidak hanya memiliki tim utama kelas dunia, karena ini berlaku untuk seluruh pemain di skuat mereka. Tidak ada tim lain yang dapat memiliki empat atau lima pemain kunci tanpa pernah kehilangan kualitas."

"Saya yakin Borussia Dortmund akan membangun diri sebagai kekuatan kedua di Jerman. Mereka memiliki potensi itu. Kemunduran yang terjadi pada saat ini hanyalah dikarenakan adanya begitu banyak pemain yang cedera,' ungkap Hitzfeld.