Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Javier Zanetti Belum Tahu Kapan Akan Pensiun

By Jaka Sutisna - Kamis, 5 Desember 2013 | 22:59 WIB
Javier Zanetti (Getty Images)

Pertanyaan terkait kapan gantung sepatu semakin akrab di telinga Javier Zanetti. Wajar saja memang jika banyak yang bertanya kapan pemain asal Argentina itu pensiun mengingat usianya kini telah memasuki 40 tahun. Namun, setiap kali ada pertanyaan seperti itu, jawaban Zanetti selalu sama: saya belum berpikir untuk berhenti bermain.

Tercatat, sudah 18 tahun Javier Zanetti mengabdikan diri di Internazionale sejak pertama kali bergabung pada 1995. Jika ditotal dengan pengalamannya di Banfield dan Talleres, 22 tahun sudah Zanetti berkecimpung di dunia sepak bola profesional.

Meski sudah dua dekade lebih marajut karier sepak bola, Zanetti masih belum berpikir tentang pensiun. Bahkan cedera parah tak membuat Zanetti menyerah untuk kembali ke lapangan hijau.

"Saya sekarang hanya fokus bagaimana mengakhiri musim 2013/14 sebaik yang saya bisa. Setelah itu saya baru bisa memikirkan dengan tenang apa yang harus dilakukan di masa depan," ujar Zanetti.

"Saat ini ambisi saya adalah hanya untuk kembali bermain dan berguna untuk tim. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan di masa depan, namun saya selalu mengatakan saya ingin tetap berada dalam keluarga Inter," tutur Zanetti.

"Saya pikir ketika saat pensiun tiba, saya akan tahu apa yang harus dilakukan. Dalam hal apapun saya tidak melihat diri saya sebagai pelatih," ungkap Zanetti kepada L'Equipe.