Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jason Kidd dan Lawrence Frank Pecah Kongsi

By Eko Widodo - Rabu, 4 Desember 2013 | 14:56 WIB
Jason Kidd dan Lawrence Frank, berbeda filosofi dalam melatih Nets. (Getty Images)

Jason Kidd akhirnya merasakan betapa ia sulit mengendalikan mantan pelatih kepala New Jersey Nets dulu, Lawrence Frank. Frank adalah asisten utama Kidd. Karena tak seide, Frank diminta menjauh dari peran di bench.

Rabu (4/12), Kidd mengurangi peran Frank. Ia tak lagi menempatkan Frank sebagai lead assistant coach.

Sumber yang dikumpulkan ESPN mengatakan, perselisihan antara Kidd dengan Frank sebenarnya sudah terjadi sejak awal musim. Mereka juga berbeda dalam cara pandang mengatur permainan, terutama urusan defense.

Lawrence, kata sumber itu, sakit hati saat Kidd absen di dua laga pertama musim 2013/14 karena menjalani skorsing. Ia tidak ditunjuk menggantikan Kidd. Kidd digantikan oleh asisten berambut pirang, Joe Prunty.

Pengalaman Frank membuatnya serasa sebagai head coach. Untungnya, para pemain berada di belakang Kidd.

Dalam tugas baru itu, Frank tak diizinkan duduk di bench atau memberikan latihan. Ia diarahkan ke pekerjaan administratif. Menurut masukan beberapa pemain, lebih baik memang Frank tidak berhubungan langsung dengan pemain.

"Itu adalah keputusan yang harus saya ambil. Semoga kondisi internal tim menjadi lebih kondusif. Segalanya berjalan baik-baik saja. Kami hanya berbeda filosofi," timpal Kidd.

Brooklyn Nets baru mencetak 5 kemenangan dari 18 laga yang dimainkan.