Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Masih Ada Yang Terbaik Dari David De Gea

By Riemantono Harsojo - Minggu, 1 Desember 2013 | 19:27 WIB
David De Gea (kiri) bersama David Moyes (AFP)

Pada usia yang baru menginjak 23 tahun, David De Gea telah disebut sebagai kiper terbaik di Premier League. Namun Manajer Manchester United, David Moyes, percaya masih banyak yang belum ditunjukkan sang kiper asal Spanyol.

De Gea berlabuh ke Old Trafford dari Atletico Madrid tahun 2011 lalu untuk diplot sebagai suksesor Edwin van der Sar. Label sebagai penerus eks penjaga gawang asal Belanda itu tampaknya menjadi beban sendiri bagi De Gea. Serangkaian blunder yang dibuatnya membuat manajer United kala itu, Sir Alex Ferguson, kerap merotasinya dengan Anders Lindegaard.


Namun, perlahan tapi pasti, pria kelahiran tahun 1990 itu menunjukkan diri sebagai si nomor satu di bawah mistar gawang United. Penampilan kontra Sunderland awal Oktober 2013 lalu menuai pujian, termasuk dari legenda klub Peter Schmeichel.
Melihat bakat yang begitu nyata, Moyes mengaku tidak akan kaget jika kelak De Gea menjadi lebih penting bagi kubu pemilik 20 gelar Premier League itu.


“Saya selalu berpikir ketika Anda menempatkan kiper muda, Anda mengambil resiko bahwa ia akan membuat kesalahan,” ujar pria Skotlandia berusia 50 tahun itu di laman resmi klub.


“Sangat sedikit tim yang memiliki kiper muda di tim utama mereka sekarang. Kami punya seorang kiper muda dan satu-satunya hal adalah dia akan semakin baik dan baik lagi.
“Pada usianya sekarang, dia telah melalui banyak hal. Kiper selalu membuat kesalahan – itu adalah bagian dari pekerjaan. Tapi, saya pikir David telah bekerja dengan sangat baik.”

Artikel ini ditulis oleh Thresia Simanjuntak