Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kepindahan Cech Masih Menuai Kontroversi

By Tulus Muliawan - Selasa, 21 Juli 2015 | 07:45 WIB
Petr Cech, resmi hengkang dari Chelsea ke Arsenal. (Stuart MacFarlane/Getty Images)

Kepindahan Petr Cech dari Chelsea ke Arsenal masih ramai diperbincangkan. Sebagian perbincangan itu berbau kecaman dan penolakan karena perpindahan ini terjadi antara dua musuh bebuyutan di kota London.

Baru-baru ini, gelandang Chelsea Nemanja Matic angkat bicara mengenai perpindahan Cech ke Arsenal. Gelandang Serbia itu tampak tidak rela karena timnya kehilangan sosok kiper hebat dan berpengalaman.

"Petr (Cech) adalah pria sekaligus kiper yang baik. Kehadiran Cech akan memberikan dampak sangat penting buat Arsenal. Inilah yang membuat saya tidak senang," kata Matic di laman The Guardian.

"Cech adalah sosok profesional. Dia juga merupakan salah satu kiper terbaik di dunia. Saya harap dia tidak bisa menunjukkan perfoma terbaik seperti yang ia tunjukkan di Chelsea selama 10-11 tahun," kata Matic.

Meski mendapat banyak penolakan, Cech tetap mendapat sambutan hangat dari sejumlah kalangan, salah satunya dari bek jangkung Arsenal, Per Mertesacker.

Menurut mantan pemain timnas Jerman itu, kehadiran Cech menambah motivasi Arsenal. Cech juga punya kelebihan lain, yakni pintar berkomunikasi di dalam dan luar lapangan serta multilingual.  

Cech memainkan pertandingan pertama bersama klub barunya, Arsenal di National Stadium, Singapura, Sabtu (18/7/2015). Arsenal keluar sebagai juara di ajang Premier League Asia Trophy 2015 dengan mengalahkan Everton 3-1 di partai final.

"Saya jelas senang bisa memainkan laga pertama. Kami menang dan bermain dengan sangat baik. Saya senang dengan cara bermain sendiri," ujar kiper yang didatangkan The Gunners dengan banderol 10 juta pound dari Chelsea itu.