Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bola Resmi Piala Dunia Buatan Indonesia

By Caesar Sardi - Kamis, 27 Maret 2014 | 17:00 WIB
Ben de Haan (kanan) menyerahkan bola pada Max Boboy. (Dok. Mingguan BOLA)

FIFA secara resmi kembali akan menggunakan bola merk Adidas buatan Indonesia di Piala Dunia, Italia, Juni mendatang. Sebelum FIFA menggunakannya, PSSI lebih dulu memakai bola tipe Etrusco Primo yang dihasilkan oleh PT Borsumij Wehry Indonesia untuk kompetisi divisi Utama Djarum Super.

Sebanyak 200 bola sudah diserahkan oleh Ben de Haan, SH, manajer umum PT BWI kepada PSSI yang diterima secara simbolis oleh sekretaris panitia, Max Boboy, SH, Selasa lalu. Penyerahan yang sederhana itu dilakukan di sekretaris PSSI, Senayan, Jakarta.

Menurut drs. H. Syarwani, manajer pemasaran PT BWI, pihaknya merasa sangat senang dengan penghargaan PSSI ini. "FIFA saja memakai bola kami, masa PSSI tidak?" katanya.

PT BWI untuk kedua kalinya mendapat kepercayaan dari FIFA. Tahun 1986 produksinya Azteca dipergunakan oleh FIFA untuk Piala Dunia. "Di dunia hanya ada tiga perusahaan penghasil bola yang paling diminati FIFA, Jerman Barat, pusat Adidas, Pakistan, dan Indonesia. Tapi secara resmi FIFA lebih memilih bola hasil produksi kami. Bahkan kantor pusat di Jerbar pun lebih mempercayakan hasil kerja bangsa kita. Saya sangat bangga," katanya lagi.

Bola-bola yang akan digunakan di kompetisi divisi utama, merupakan produk awal. "Jadi semacam ujian berjalan. Test resminya sudah dilakukan FIFA, tapi PSSI memperoleh kehormatan dengan memakai lebih dulu," lanjut Syarwani. Sayang PSSI sendiri belum bisa Ikut ke Piala Dunia.

(Penulis: Mahfudin Nigara, Mingguan BOLA Edisi No. 314, Minggu Pertama Maret 1990)