Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

SEJARAH HARI INI - Legenda AC Milan Paolo Maldini Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak di Liga Italia

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 25 September 2024 | 06:00 WIB
Bek legendaris AC Milan, Paolo Maldini (kanan), mengukir rekor jumlah penampilan terbanyak di Liga Italia setelah tampil dalam laga melawan Treviso pada 25 September 2005. (PACO SERINELLI/AFP)

JUARA.NET - Bek dan kapten legendaris AC Milan, Paolo Maldini, memecahkan rekor penampilan terbanyak di Serie A Liga Italia yang sudah bertahan selama lebih dari 2 dekade pada sejarah hari ini 19 tahun yang lalu.

Melakukan debutnya di Liga Italia dalam usia masih 16 tahun pada 20 Januari 1985, Maldini langsung masuk tim utama AC Milan.

Sejak musim keduanya pada 1985-1986, bek kelahiran 26 Juni 1968 ini rutin bermain sebagai starter.

Sejak saat itu Maldini disebut-sebut sebagai orang yang paling mungkin memecahkan rekor penampilan terbanyak di Serie A.

Rekor itu sempat dipegang lama oleh kiper legendaris, Dino Zoff.

Pada selang 1961-1983, penjaga gawang yang pernah memperkuat Udinese, Mantova, Napoli, dan Juventus itu tampil 570 kali di Liga Italia.

Ketika Zoff memainkan laga terakhirnya di Serie A pada 15 Mei 1983, Maldini masih bermain untuk tim junior AC Milan.

Sebagai pemain inti AC Milan, Paolo Maldini dengan cepat mengumpulkan jumlah penampilan yang banyak.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - Senasib Mike Tyson, Lennox Lewis Alami Kekalahan Pertama dengan Tragis Gara-gara Remehkan Lawan 

Jarang mengalami cedera, anak bek legendaris AC Milan lainnya, Cesare Maldini, bermain minimal 25 kali di Liga Italia dalam setiap musim.