Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tingkatkan Kebugaran Pelajar, Kemenpora Luncurkan TKPN

By Ade Jayadireja - Rabu, 16 Oktober 2024 | 22:34 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melauncing aplikasi bernama Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). (ADE JAYADIREJA/JUARA.NET)

JUARA.NET - Untuk meningkatkan kebugaran pelajar agar tetap aktif, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melauncing aplikasi bernama Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN).

Seremoni launching dilaksanakan oleh Sekretaris Kemenpora, Gunawan Suswantoro, yang didampingi Plh Deputi Pembudayaan Olahraga, Sri Wahyuni, Koordinator Tim TKPN, Agus Rusdiana, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024) siang. 

Sesmenpora yang mewakili Menpora Dito menyampaikan sambutan bahwa implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) merupakan kerja besar yang memerlukan dukungan sistem secara komprehensif, dari hulu pembinaan hingga ke hilir pencapaian prestasi. 

"Salah satu tujuan utama DBON tahun 2045 yakni 70 persen siswa berpartisipasi aktif berolahraga, sehingga diharapkan siswa nantinya memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori baik," kata Sesmenpora. 

Gambaran mengenai tingkat kebugaran siswa yang secara komprehensif dapat diperoleh dari sekitar 50 juta pelajar yang tersebar di seluruh Indonesia memerlukan program yang sistematis, bertahap dan terukur. 

"Data hasil TKPN akan menjadi pondasi untuk mengembangkan program-program Kemenpora kedepan dalam rangka meningkatkan level kebugaran siswa secara bertahap dan berkelanjutan dengan mendorong siswa untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan (habit), gaya hidup (lifestyle), bahkan kebutuhan (sport for life)," tambah Sesmenpora.  

Untuk menyukseskan program tersebut,  Kemenpora tidak dapat berjalan sendiri.

Kebugaran siswa menjadi tanggungjawab kita bersama.

"Kami akan terus mejalin kerjasama dengan K/L terkait (Kemendikbud, Kemenko PMK, Kemenag, Kemenkes termasuk Bappenas) untuk terus memantau level kebugaran siswa Indonesia yang merupakan aset berharga sebagai yang akan menjadi generasi emas penerus kita," ujar Sesmenpora. 

Kemenpora juga berharap kepada IGORNAS agar program dan aplikasi ini untuk dapat dimanfaatkan secara luas dan berkesinambungan untuk memberikan gambaran bagaimana potret kebugaran masing-masing siswa.